Wisata Budaya: Tujuan Wisata Terbaik Di Kota Iloilo, Filipina

Wisata Budaya: Tujuan Wisata Terbaik Di Kota Iloilo, Filipina
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diperbarui
| 4 menit membaca

Kota Iloilo merupakan tujuan wisata budaya ideal untuk mereka yang ingin mengenal Filipina tetapi hanya bisa mengunjungi satu tempat saja. Iloilo diakui sebagai “Jantung Filipina” dengan kekayaan sejarahnya, kemewahan makanan lokalnya, festivalnya yang penuh warna, dan pemandangannya yang menakjubkan. Filipina memang memiliki budaya yang beragam, setiap wilayah menawarkan pengalaman unik, tetapi Iloilo merupakan tempat terbaik untuk mengintip semua informasi tentang orang Filipina. Berikut adalah tujuan wisata terbaik di Kota Iloilo, Filipina.

Jelajahi situs bersejarah

1. Calle Real

Tidak ada tempat yang lebih baik untuk mulai menjelajahi situs bersejarah selain di jalan yang dipenuhi situs-situs bersejarah. Calle Street, atau secara resmi dinamakan J.M. Basa Street, dianggap sebagai pusat bersejarah Iloilo. Di sin kamu bisa melihat bangunan yang berasal dari tahun 1800-an, yang sudah lama bertahan dari terjangan berbagai bencana alam seperti banjir, angin topan, dan gempa bumi. Sebagian besar bangunan di sini baru saja dipugar dan pengaruh Barat terlihat jelas pada arsitektur bangunan di jalan ini.

Calle Real seperti museum dengan sejumlah nilai sejarah yang ditemukan di sana, satu-satunya perbedaan adalah tempat ini masih ramai dengan kehidupan dan berfungsi sebagai pusat perdagangan di Iloilo.

Dikunjungi tempat ini?

2. Camiña Balay Nga Bato: Rumah warisan Ilonggo

AZOTEA COMEDOR

Posted by Camiña Balay nga Bato in Iloilo on Tuesday, 12 May 2015

Kamu bisa menemukan banyak hal dalam wisata budaya di rumah leluhur di Kota Iloilo. Salah satu rumah tersebut adalah Camiña Balay Nga Bato yang memamerkan Ilonggo Heritage atau warisan Ilonggo. Rumah warisan yang dibangun pada tahun 1860 oleh Fernando Avanceña ini, sekarang berfungsi sebagai museum dan rumah generasi ke-6 klan Avanceña. Rumah ini terbuka untuk umum, jadi kamu bisa melihat barang-barang antik yang ada di dalam rumah, termasuk alat tenun tenun tradisional. Mereka juga menyajikan kuliner lokal seperti tsokolate (minuman cokelat) yang terkenal, dan pancit molo. Tentunya ini merupakan nilai tambah!

Kalau kamu berencana mengunjungi tempat ini, kamu harus melakukan reservasi sehari sebelumnya agar mereka bisa menyiapkan makanan untukmu.

Camiña Balay Nga Bato

Alamat: 20 Osmena St., Villa de Arevalo, Kota Iloilo

Harga: mulai 150 PHP (3 USD) per orang

Jam Buka: 8 pagi - 6 sore

Kontak: Ponsel: +63 9217386491 / + 63 9173055355 Beranda: +63 0333363858 / + 63 0333365075

Facebook: Camiña Balay Nga Bato

Dikunjungi tempat ini?

3. Cicipi makanan lokal

4. Netong's La Paz Batchoy

LaPazBatchoy
Source: Photo by Wikimedia Commons user Heidigutierrez used under CC BY 3.0

Salah satu cara terbaik untuk mengenal tempat dan budayanya adalah melalui makanannya. Salah satu hidangan populer yang berasal dari Iloilo adalah La Paz Batchoy, sup mie yang dihidangkan dengan daging babi, sapi, dan ayam. Karena La Paz Batchoy berasal dari Iloilo, kamu bisa menemukan banyak tempat yang menyajikan hidangan ini. Siapa yang memelopori hidangan ini memang masih diperdebatkan. Salah satu yang mengakui diri sebagai pelopor hidangan ini adalah Netong’s Original Special La Paz Batchoy. Restoran ini dapat ditemukan di Pasar Umum La Paz, dan mereka juga menyajikan hidangan Filipina lainnya selain La Paz Batchoy.

Netong's Original Special La Paz Batchoy

Alamat: Pasar Umum La Paz, Luna cor. Huervana st., La Paz, Kota Iloilo

Jam Buka: 7 pagi - 7 malam

Facebook: Netong’s Original Special La Paz Batchoy

Dikunjungi tempat ini?

5. Seafood di Breakthrough Restaurant

Hidangan seafood jelas harus dicoba di negara kepulauan seperti Filipina! Salah satu restoran seafood paling populer di Iloilo adalah Breakthrough Restaurant, yang konon menyajikan beberapa hidangan seafood lokal terbaik di Iloilo. Di dalam restoran terdapat akuarium dan kolam di mana kamu bisa melihat dari mana restoran ini mendapatkan bahan utama untuk hidangan mereka. Selain menikmati makanannya, kamu juga bisa menikmati pemandangan Guimaras di Breakthrough Restaurant sambil diiringi hembusan angin laut karena letaknya di dekat pantai.

Breakthrough

Alamat: Villa Beach, Barangay Sto. Niño Sur, Arevalo, Iloilo, Filipina

Jam Buka: 9 pagi - 9 malam

Kontak: +63 0333373027 / +63 0333364755

Website: Breakthrough

Dikunjungi tempat ini?

Lihat pantai

6. Kepulauan Gigantes

A hidden paradise - Isla De Gigantes Islands, Philippines
Source: Photo by user 2il org used under CC BY 2.0

Kalau kamu berencana menghabiskan banyak waktu di Kota Iloilo, kamu harus berkunjung ke Kepulauan Gigantes. Kawasan ini merupakan sekumpulan pulau yang berjarak 5 jam dari Kota Iloilo, dan menawarkan karya-karya alam yang memukau seperti pantai dan formasi batuan. Kalau kamu ingin liburan ideal jauh dari keramaian hiruk pikuk kota dan tempat-tempat wisata, keindahan pantai Kepulauan Gigantes yang tak terjamah adalah jawabannya. Pulau-pulau di sini hanya bisa diakses dengan perahu. Kami rekomendasikan untuk berangkat dari pelabuhan Bancal. Kalau kamu berencana untuk keliling di sekitar pulau, sebaiknya kamu menyewa kapal.

Ada banyak pulau untuk dijelajahi, dan berikut adalah beberapa di antaranya:

Kepulauan Gigantes

Akses: Kapal penumpang yang berangkat ke Gigantes Norte (Utara) tersedia di Pelabuhan Bancal, sementara kapal penumpang berangkat pukul 2 siang setiap hari ke Gigantes Sur (Selatan) dari Pelabuhan Estancia. Cara lain adalah dengan menyewa perahu untuk berkeliling pulau.

Dikunjungi tempat ini?

7. Pulau Cabugao Gamay

Cabugao Gamay
Source: Photo by user SIPAT: View from ... used under CC BY-ND 2.0

Pulau Cabugao Gamay berbentuk menarik dengan sebagian besar wilayahnya yang dipenuhi dengan vegetasi dan bebatuan, serta dikelilingi oleh perairan yang jernih. Di ujung utara, kamu bisa menemukan pantai berpasir putih.

Pulau Cabugao Gamay

Alamat: Kepulauan Gigantes, Carles, Iloilo

Akses: 20 menit naik perahu motor dari Brgy. Lantangan di Gigantes Sur.

Dikunjungi tempat ini?

8. Pantai Antonia


Pantai Antonia adalah pantai lain yang terdapat di Kepulauan Gigantes. Perairan di sekitar pulau ini tidak hanya cocok untuk berenang tetapi juga memberikan para pengunjung pemandangan pantai yang mengelilingi pulau. Formasi batuan yang menarik juga dapat ditemukan di pantai ini.

Pantai Antonia

Alamat: Kepulauan Gigantes, Carles, Iloilo

Akses: 30 menit perjalanan dengan perahu dari Brgy. Lantangan di Gigantes Sur

Dikunjungi tempat ini?

9. Laguna Air Asin Tangke


Berbeda dengan dua tempat lainnya yang disebutkan di atas, Laguna Air Asin Tangke atau Tangke Saltwater Lagoon adalah kolam tersembunyi di Isla de Gigantes Sur, seperti permata yang bersembunyi di antara formasi bebatuan yang mengelilingi laguna ini. Pendakian singkat diperlukan untuk mencapai laguna, cukup melelahkan tetapi layak untuk memanjakan matamu dengan pemandangan perairan dangkal laguna dan formasi bebatuan yang terbentuk secara alami di sekitarnya.

Laguna Air Asin Tangke

Alamat: Gigantes Sur, Carles, Iloilo

Akses: Naik perahu dari Pelabuhan Estancia

Dikunjungi tempat ini?

Ikut festival

10. Festival Dinagyang

Dinagyang Festival Warrior
Source: Photo by Wikimedia Commons user Bernardo 'Berniem... used under CC BY 3.0

Festival adalah salah satu cara orang Filipina merayakan tradisi dan agama. Salah satu festival yang paling terkenal di Filipina adalah Festival Dinagyang yang diadakan di Kota Iloilo. Festival Dinagyang adalah perayaan ucapan syukur untuk anak Yesus, Santo Nino. Festival ini dirayakan selama akhir pekan keempat di bulan Januari, tetapi kegiatan festival diadakan sepanjang bulan, seperti pertunjukan Dinagyang Ati dan prosesi fluvial di Sungai Iloilo.

Festival Dinagyang

Harga: Gratis

Kontak: +63 333372172

Website: Dinagyang Festival

Dikunjungi tempat ini?

11. Festival Paraw Regatta

Posted by Iloilo Paraw Regatta Festival on Sunday, 21 February 2016

Festival lainnya di Iloilo adalah Festival Paraw Regatta. Selama festival ini berlangsung, diadakan berbagai kegiatan yang merayakan sejarah dan budaya Ilonggo untuk menghargai warisan keluarga para pelaut dan pembuat perahu setempat. Namun, puncak dari festival ini adalah perlombaan antar sesama pelaut menggunakan Paraw atau perahu layar masing-masing di selat antara Pulau Guimaras dan Kota Iloilo. Acara ini diadakan selama akhir pekan ketiga bulan Februari.

Festival Paraw Regatta

Alamat: Tatoy’s Manokan, Sto. Nino Sur, Villa, Kota Iloilo

Facebook: Paraw Regatta Festival

Dikunjungi tempat ini?

Benamkan diri dalam wisata budaya

Kota Iloilo menawarkan wisata budaya Filipina, mulai dari sejarah dan makanannya, hingga festival yang merayakan budaya dan sejarah Filipina, hingga keindahan bentang alamnya. Liburan di Kota Iloilo pasti akan menjadi pengalaman berharga bagi siapa pun yang memutuskan untuk mengunjungi jantung Filipina ini.

Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Iloilo
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.