Lokasi Tur Anime di Jepang

Lokasi Tur Anime di Jepang
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diperbarui
| 3 menit membaca

Salah satu alasan kuat wisatawan mengunjungi Jepang adalah untuk melihat langsung kultur pop negara matahari terbit. Beberapa menggemari video games, sementara yang lain menggemari serial anime atau manga. Kalau kamu adalah otaku (bahasa Jepang untuk kutu buku) yang menyukai animasi dan komik, mungkin kamu mau mendatangi salah satu lokasi tur anime di Jepang.

1. Tezuka Osamu Manga Museum

lokasi tur anime di jepang | tezuka osamu manga museum
Source: instagram

Penggemar anime pasti kenal Astro Boy atau lebih kenal di Jepang sebagai Mighty Atom. Manga ini dan manga turunan tentang robot surperhero berbentuk anak kecil laki-laki ini adalah salah satu ikon yang paling terkenal sepanjang masa. Astro Boy adalah ikon Jepang. Jika kamu berkunjung ke Takarazuka di Kansai, kamu akan mendapati sebuah museum khusus yang didedikasikan untuk Astro Boy karangan Osamu Tezuka.

Tezuka juga menciptakan beberapa manga terkenal lainnya seperti Blackjack dan Kimba the White Lion. Museum ini juga memiliki pameran interaktif, gambar dinding, juga perpustakaan tempat kamu bisa membaca tentang karya Tezuka. Lantai bawah memiliki tampilan yang membantu kamu membuat anime sendiri. Kafe yang mengikuti desain Kimba the White Lion adalah tempat yang menyenangkan untuk ngemil dan minum kopi menyegarkan.

Tezuka Osamu Manga Museum

Alamat: 7-65 Mukogawacho, Takarazuka, Hyogo Prefecture 665-0844, Japan

Situs: Tezuka Osamu Manga Museum

Dikunjungi tempat ini?

2. Studio Ghibli Museum

A post shared by sofimiles (@sofimiles) on Aug 27, 2017 at 6:42am PDT


Kalau kamu adalah penggemar Hayao Miyazaki dan karya terkenalnya My Neighbor Totoro, Laputa Castle in the Sky, Howl’s Moving Castle, Princess Mononoke, Porco Rosso, Ponyo dan masih banyak lagi, kamu harus berkunjung ke muesum Ghibli. Museum yang terletak di pinggiran kota Tokyo, tepatnya di Mitaka, menampilkan berbagai film terkenal Ghibli dan memutar beberapa film pendek yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Kamu perlu membeli tiket dari agen wisata terdaftar sebelum sampai di Jepang, atau kamu cukup membeli tiketnya dari swalayan Lawson di Jepang. Tiket mencantumkan waktu kamu bisa datang ke museum ini. Kedatangan lebih awal tidak dilayani.

Studio Ghibli Museum

Alamat: 1 Chome-1-83 Shimorenjaku, Mitaka, Tokyo 181-0013, Japan

Situs: Studio Ghibli Museum

Dikunjungi tempat ini?

3. Sakaiminato di Tottori prefecture


Kota ini harus kamu datangi kalau kamu menggemari manga seram GeGeGe no Kitaro. Manga ini menceritakan hantu anak muda Jepang yang bertemu roh-roh lainnya. Kota ini dihias berbagai karakter dari serial manga dan anime tersebut, termasuk kereta dan feri.

The Mizuki Shigeru Road

Alamat: 5 Honmachi, Sakaiminato 684-0025, Tottori Prefecture

Dikunjungi tempat ini?

4. Universal Studios Osaka


Universal Studios Osaka menampilkan berbagai anime dengan bentuk wahana dan atraksi termasuk Attack on Titan berukuran raksasa dan pertunjukan bertema Yokai Watch. Perempuan dan para gadis yang menggemari produk Sanrio, terkenal karena produk Hello Kitty, kamu mungkin harus datang ke Universal Wonderland Hello Kitty Fashion Avenue.

Universal Studios Osaka

Alamat: 2 Chome-1-33 Sakurajima, Konohana Ward, Osaka, Osaka Prefecture 554-0031, Japan

Situs: Universal Studios Osaka

Dikunjungi tempat ini?

5. Akihabara Tokyo


Akihabara adalah mekkah bagi para penggemar anime. Lingkungan di tengah kota Tokyo ini adalah rumah berlanja bagi para otaku. Jumlah toko buku manga terbanyak berada di area ini. Kamu dapat menemukan koleksi terbaik dan langka di sini, yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Mobil dan gedung-gedung juga dihias iklan untuk anime dan manga.

JR Akihabara Station Tokyo

Alamat: 1 Chome Sotokanda, Chiyoda, Tokyo, Japan

Dikunjungi tempat ini?

6. Dogo Onsen


Kalau kamu adalah penggemar film anime yang telah memenangkan Oscar, Spirited Away oleh Hayao Miyazaki, kamu perlu meluangkan waktu bersantai di onsen Dogo yang terkenal di Matsuyama, Ehine Prefecture di Shikoku. Katanya onsen ini adalah inspirasi onsen Yubaba dalam film tersebut. Tampilannya memang sangat serupa. Untungnya, para hantu dan roh-roh tidak berkeliaran di onsen ini.

Dogo Onsen

Alamat: Dogoyunomachi, Matsuyama, Ehime Prefecture, Japan

Dikunjungi tempat ini?

7. Pulau Yakushima


Satu lagi destinasi liburan lain bagi para penggemar Studio Ghibli. Pulau Yakushima adalah bagian Jepang yang menginspirasi Miyazaki ketika beliau menciptakanan dan menganimasikan karya yang dipuji para kritikus Princess Mononoke. Hutan asri di sini sangat serupa dengan keindahan yang tampak dalam film. Pendaki Shiratani Ravine, khususnya, akan mengingatkan kamu kepada filmnya.

Lembah Shiratani Unsuikyo

Alamat: Kumage-gun Yakushima-cho 891-4200, Kagoshima Prefecture, Japan

Dikunjungi tempat ini?

8. Kota Tomonoura

lokasi tur anime di jepang | kota tomonoura
Source: instagram

Kota pelabuhan ini menginspirasi kota pelabuhan dalam film Ponyo karya Studio Ghibli. Pemandangan indah dan damai dari kota air Hiroshima Prefecture ini akan membuat kamu merasa tengah hidup dalam film Ponyo. Karena masyarakat setempat kebanyakan nelayan, ada banyak penjual sushi dan sashimi di sini. Tempat ini juga sangat menarik bagi para penggemar buku komik karena tempat ini menjadi lokasi pengambilan gambar film Wolverine.

Joyato lighthouse

Alamat: 1225 Tomocho Ushiroji | Tomoe Chiku, Fukuyama 720-0202, Hiroshima Prefecture, Japan

Dikunjungi tempat ini?

9. Iwami, Tottori

lokasi tur anime di jepang | iwami, tottori
Source: instagram

Iwami, Tottori mengalami lonjakan wisatawan dalam beberapa tahun terakhir karena popularitas anime olah raga SMA: Free! Lokasi anime ini berada di kota fiksi Iwatobi, yang dibuat berdasarkan kota di dunia nyata Iwami. Dinas pariwisata dengan cerdas telah membuat brosur yang berisi daftar tempat-tempat inspirasi anime ini. Brosur ini bahkan digambar oleh perusahaan sama yang membuat Free! Area kolam renang Uradome sangat populer karena anime ini berkisah tentang tim renang SMA. Kuil seperti Arasuna dan Tajiri juga muncul di anime tersebut.

Uradome Beach

Alamat: Uradome, Iwami-cho, Iwami-gun 681-0003, Tottori Prefecture, Japan

Dikunjungi tempat ini?

Jepang adalam mimpi indah bagi penggemar anime

Ghibli Museum, Mitaka - panoramio
Source: Photo by Wikimedia Commons user Tomi Mäkitalo used under CC BY-SA 3.0

Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi penggemar anime di seluruh Jepang. Ada banyak taman wahana dan pusat perbelanjaan yang berdedikasi untuk anime-anime terkenal. Ada juga museum yang menceritakan kayaknya sejarah manga dan juga kreatornya. Kamu bahkan bisa hidup dalam adegan anime kesukaan kamu, ketika berkunjung ke lokasi yang menjadi inspirasi latar acara kesukaan kamu. Jangan lupa berkunjung ke salah satu tempat ini ketika ke Jepang!

Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Japan
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.