Tak Hanya Udon: Inilah Panduan Makan di Nikko, Jepang

Tak Hanya Udon: Inilah Panduan Makan di Nikko, Jepang
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diterbitkan
| 7 menit membaca

Nikko adalah kota yang terletak di Prefecture Tochigi, di utara bagian Kantō, Jepang. Kota ini memiliki populasi 84,197 jiwa. Nikko adalah rumah bagi musoleum Tokugawa Shogun, yang terdaftar di UNESCO Heritage List. Lanskap Nikko sangat dipengaruhi bangsa Tiongkok, dengan ukiran berwarna-warni, desain dengan dekorasi padat.

Ada banyak lanskap dan atraksi spiritual dan bersejarah di Nikko, seperti ada tiga kuil utama Toshogu, Rinnoji, dan Futarasan, Jembatan Shinkyō, Kuil Takino-o, Palung Kanmangafuchi, Tamozawa Imperial Villa Memorial Park, dan Nikko Botanical Garden yang sangat terkenal. Tidak ketinggalan Nikko adalah asal dari berbagai makanan lokal dengan rasa yang luar biasa. Mari menikmati perjalanan kuliner dengan panduan makan di Nikko berikut ini!

Yuba

Yuba
Source: istockphoto

Jika kamu adalah pembenci makanan tahu, mungkin makanan khas Nikko ini bisa mengubah pendirianmu. Yuba, juga dikenal sebagai kulit tahu, adalah makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Proses pembuatannya terjadi ketika susu kedelai tengah mendidih, dan sebuah lapisan terbentuk di permukaan air. Lapisan atau kulit ini dikumpulkan dan dikeringkan menjadi lembaran-lembaran yang bernama yuba. Ini bukan tahu tetapi tekstur dan rasanya serupa dengan tahu. Yuba telah menjadi makanan khas istimewa sejak abad 16. Bentuk penyajian bermacam-macam; segar, difermentasi, atau dikeringkan. Yuba biasa dijadikan bungkus dim sum dalam makanan Tiongkok dan Jepang.

Ada banyak cara untuk menikmati yuba. Restoran Tsuruya Yuba di Nikko memiliki berbagai menu yuba, dari yuba soba gurih hingga puding manis yuba. Restoran ini telah mendapat banyak umpan balik karena interior berdesain tradisional dan stafnya yang ramah. Ada juga toko cinderamata di samping restoran yang menjual produk berhubungan dengan yuba. Restoran ini berlokasi dekat Kegon Falls dan terletak di jalan utama, beserta Danau Chuzenji.

つるや湯葉店 今市店 Tsuruya Yuba Restaurant

Alamat: 10-6 Kawamuro, Nikko, Tochigi Prefecture

Waktu buka: 11.00 - 15.30

Akses: dekat Stasiun Ōkuwa

No. Telp: +81 288-21-7641

Find out more

Dikunjungi tempat ini?

Soba

Shinshu soba, ten zaru by hirotomo in Suwa, Nagano
Source: Photo by user hirotomo from Suw... used under CC BY-SA 2.0

Soba adalah hidangan mi yang terbuat dari tepung sorgum dan biasa disajikan dingin dengan saus, atau dalam kuah panas sebagai sup mi. Soba bisa juga disajikan sebagai pilihan makanan terjangkau di stasiun kereta atau restoran khas mahal. Berbagai bentuk soba instan dijual di pasar seperti kemasan beserta kuah mi, sehingga mudah untuk disajikan di rumah. Soba memiliki berbagai keunggulan nutrisi. Sebagai contoh, thiamine (vitamin B1) terdapat dalam soba dan mencegah penyakit seperti beri-beri. Thiamin juga terdapat dalam beras putih, sehingga soba menjadi nutrisi tambahan yang baik bagi mereka yang diet nasi. Soba juga mengandung lysine, yang tidak hadir dalam tepung gandung, dan kedelapan asam amino esensial.

Santate Soba Nagahataan adalah restoran yang terkenal menyajikan soba di Nikko. Dengan ulasan konstan 4/5 di situs perjalanan, tempat ini sangat direkomendasikan masyarakat lokal dan wisatawan. Restoran ini dipenuhi nuansa tradisional Jepang baik di luar maupun di luar. Porsi sobanya juga sangat dermawan.

三たてそば 長畑庵 Santate Soba Nagahataan

Alamat: 635-1 Nagahata, Nikko-city

Waktu buka: 11.00 - 16.00

No. Telp: +81 288-27-2488

Find out more

Dikunjungi tempat ini?

Udon

Udon
Source: istockphoto

Tidak seperti soba, udon terbuat dari tebung gandung tebal dan umumnya lebih tebal daripada soba. Udon biasanya disajikan hangat sebagai sup mi dengan rasa kuah halus yang biasa terbuat dari dashi, kecap, mirin, dan tambahan daun bawang iris tipis. Tambahan lainnya adalah tempura, udang, kakiage (semacam gorengan campuran) dan masih banyak lagi. Seperti hidangan mi lainnya di Jepang, udon bisa disajikan hangat atau dingin, dengan tambahan yang serupa soba. Ketebalan dan bentuk udon bervariasi di berbagai daerah. Sebagai contoh di Kiryū, Gunma, udon biasanya pipih dan lebar, sementara di Fukuoka, udon tebal dan lembut.

Sementara di Nikko, kamu bisa mengunjungi Sanbonmatsu Chaya untuk udon terbaik di Nikko. Restoran yang ramah kursi roda ini menyajikan paket makan siang dan makam malam dalam gedung berdesain tradisional. Menu yang harus dicoba termasuk udon dan soba, kari tomat, dan babi jahe bakar.

三本松茶屋 Sanbonmatsu chaya

Alamat: 2493 Chūgūshi, Nikkō-city

Waktu buka: 07.00 - 19.00

Akses: 60 menit perjalanan dengan bus dari Tobu-Nikko Station (arah Yumoto Onsen) kemudian jalan kaki selama 1 menit dari halte bus Sanbonmatsu

No. Telp: +81 288-55-0287

Dikunjungi tempat ini?

Yōkan (agar-agar kacang manis)

Youkan mizuyoukan
Source: Photo by user ja:Tarobo used under CC BY-SA 3.0

Yōkan adalah makanan penutup berbentuk agar-agar yang terbuat dari pasta kacang merah, agar-agar, dan gula. Ada dua macam yōkan: neri yōkan dan mizu yōkan. ‘Mizu’ artinya air, yang menandakan bahwa bahwa yōkan ini tak hanya terbuat dari air. Mizu yōkan biasa disajikan dingin dan dimakan ketika musim panas di Jepang. Yōkan biasanya disajikan dalam bentuk kotak dan dimakan dalam bentuk irisan. Selain pasta kacang merah, yōkan juga ditemukan terbuat dari kacang merah berwarna putih yang ditemukan di Jepang. Potongan kastanye, kesemek, dan kacang azuki utuh manis, kacang ara, dan ubi. Tambahan kreatif, seperti teh hijau bubuk, juga disajikan.

Di Nikko, Mitsuyama Yokan menjual hidangan yokan dengan antrian panjang di luar setiap harinya. Toko ini terkenal menghidangkan yokan dalam ukuran sekali gigit, masing-masing dibungkus manual dengan daun bambu, yang menjadikan makanan manis ini oleh-oleh dan kudapan selama perjalanan. Toko ini terletak di antara Tobu Nikko Station dan area World Heritage. Gedungnya berlantai tiga, gampang dikenali. Beberapa menu yang wajib dicoba adalah Matcha Jelly Yokan dan Chestnut Jelly Yokan.

三ツ山羊羹 Mitsuyama Yokan

Alamat: 914 Nakahatsuishi-cho, Nikko-city

No. Telp: +81 288-54-0068

Informasi lebih lengkap.

Dikunjungi tempat ini?

Es serut dari mata air alami Nikko

Shaved ice
Source: istockphoto

Es serut, atau kakigori, biasanya disajikan dengan sirup dan tambahan. Makanan penutup ini sangat terkenal dan biasanya dimakan selama musim panas. Kakigori biasanya ditemukan di berbagai kafe atau toko di Jepang, dan kini ada 5 toko yang menjual kakigori. Di Nikko, kakigori terbuat dari air yang diperoleh dari mata air alami di gunung. Tiga dari lima toko penjual kakigori di Jepang berlokasi di Nikko. Es serut ini biasanya disajikan dengan berbagai macam rasa. Masing-masing toko memiliki rasa khas es serut seperti matcha dikombinasi sirup dan selai kacan merah atau rasa umum yaitu sirup stroberi atau melon.

Satu dari 3 toko penjual kakigori di Nikko adalah Coffee Shop Spoon, yang terkenal karena menu paling andal, stroberi dengan susu kental manis. Es ini juga diberi tambahan kembang gula, menjadikannya cantik secara visual. Toko ini telah mendapatkan banyak ulasan postitif di berbagai situs perjalanan karena kakigorinya yang enak, pelayanan cepat, dan staf yang ramah.

Coffee Shop Spoon

Alamat: 2478 Chugushi, Nikko-city

No. Telp: +81 288-55-0022

Dikunjungi tempat ini?

Manju

Manju
Source: istockphoto

Manju sangat populer di Jepang sebagai permen dan hadir dalam berbagai variasi. Lapisan luar biasanya terbuat dari terigu, tepung beras, dan sorgum, dan bagian dalam terbuat dari azuki rebus dan gula. Bahan-bahan ini direbus dan diremas bersama-sama. Pasta ini juga hadir dalam berbagai variasi seperti koshian, tsubuan, dan tsubushian. Manju berasal dari sejenis mochi, dan biasanya dikenal sebagai mantau di Tiongkok. Hari ini, manju bisa ditemukan di berbagai toko dan toko roti di seluruh Jepang. Serupa dengan yokan, manju juga hadir dalam bentuk mizu-manju yang biasa dimakan sebagai penutup musim panas di Jepang. Ada juga yuba manju, yaitu manju yang dibungkus yuba, dan onsen manju, sebentuk cinderamata di resort mata air panas.

Toko manju terkenal terdapat di air terjun Yudaki dan terletak di area peristirahatan terdekat. Produk paling laku adalah karinto manju. Karinto adalah tepung goreng dengan lapisan gula. Karintou manju berisi pasta kacang merah manis dan disajikan hangat.

Dikunjungi tempat ini?

“Tochi-Otome”, stroberi terkenal Tochigi’s

Tochi-Otome
Source: istockphoto

Tochigi Prefecture adalah asal dari stroberi terbaik Jepang. Masyarakat dari berbagai penjuru Jepang berdatangan untuk mencicipi rasa stroberi lokal. Hasil penelitan teknik budidaya intesif dan terdepan, storberi ini dapat dibedakan dari warna merah cerah, ukuran, dan keseimbangan rasa manis dan asam. Stroberi lokal ini menjamin rasa segar dan manis, serta biasa dinikmati pada musim dingin dan semi.

Kamu bisa berkunjung ke Nikko Strawberry Park, salah satu kebun stroberi paling terkenal di Jepang, dan memanen stroberi. Kebun ini telah meniadakan pestisida kimiawi dan menggunakan pupuk organik, disinari matahari, sehingga menghasikan kulit renyah dan manis. Panen stroberi di Jepang ini biasa dilakukan pada bulan April, Mei, dan Desember. Pemesanan tempat dianjurkan!

Nikko Strawberry Park

Alamat: 3581 Serinuma, Nikko-city

No. Telp: +81 288-22-0615

Musim panen: biasanya Desember hingga awal Juni. Harap memesan tempat sebelum kedatangan.

Informasi lebih lengkap

Dikunjungi tempat ini?

Jamur Maitake Nikko

Maitake Mushroom dish
Source: istockphoto

Jamur maitake, atau lebih dikenal dengan nama jamur menari, dinamai sesuai dengan cerita ketika pertama ditemukan. Dipercaya sekelompok biksu perempuan Buddha menemukan jamur tersebut dan amat menyukainya, hingga membuat mereka menari. Miatake adalah jamur polipore halus yang biasa tumbuh di hutan selama musim panas hingga awal musim gugur. Ukurannya bisa sangat besar, bahkan mencapai berat 22 kg.

Di Nikko, Jamur dibudidayakan di kaki gunung, tanpa menggunakan pestisida. Nikko terkenal sebagai salah satu tempat budidaya jamur miatake terbaik di Jepang, karena rasa dan aromanya. Jamur miatake biasa disajikan bersama kuah dan mi atau nasi. Berbagai restoran, bahkan kafe, menjual jamur miatake di Nikko.

Dikunjungi tempat ini?

Shojinryouri

Hakuunan
Source: Photo by user hakuunan used under PUBLIC DOMAIN

Shojinryouri adalah sayuran yang biasa digunakan para pendeta dan biksu Buddha yang dilarang mengonsumsi daging. Bahan ini adalah bagian dari praktik penting para pengikut Buddha. Persiapan Shojinryouri berdasarkan kesederhanaan dan harmoni, sehingga selaras dengan praktik tersebut. Lima warna dan rasa harus seimbang di atas satu piring makanan, begitupun pertimbangan kandungan gizi.

Bahan-bahan seperti bawang putih dan bawang bombay, yang juga termasuk dalam resep vegetarian lainnya, tidak termasuk dalam Shojinyouri. Bahan yang umum digunakan adalah abura-age (tahu goreng), goma dofu (tahu wijen), koya-dofu (tahu kering), yuba (kulit susu kedelai), fu (gluten gandum), konnyaku (adonan akar rum) dan natto (fermentasi kedelai). Di Nikko, kamu bisa mencoba Shojinryouri di Nikko Park Lodge. Tempat ini menawarkan berbagai menu vegetarian di Nikko, a la carte, dan menu sarapan.

堯心亭 Gyoshintei

Alamat: 2339-1,Yamauchi, Nikko-city

Akses: 15 menit berjalan kaki dari stasiun kereta Tobu-Nikko

Waktu buka: 11.00 - 19.00

No. Telp: +81 288-53-1201

Dikunjungi tempat ini?

Ramen

Ramen
Source: istockphoto

Ramen terbuat dari mi bergaya Tiongkok, biasa disajikan bersama kuah kaldu daging atau ikan. Ada banyak bahan yang dijadikan tambahan ramen seperti irisan babi, rumput laut kering, dan bawang hijau. Di seluruh Jepang, ada banyak variasi masakan mi ini dari jenis kaldu, disajikan panas atau dingin, kering atau dengan kuah. Ramen sebenarnya adalah cara pengucapan bangsa Jepang pada kata Tiongkok Lamian, tetapi asal muasalnya tidak bisa dipastikan. Ramen telah menjadi lambang budaya Jepang selama bertahun-tahun, bahkan terdapat museum khusus ramen yang berdiri di Yokohama sejak 1994.

Penjual ramen dapat ditemukan di setiap sudut Nikko, bahkan ada ramen instan yang dijual di swalayan. Restoran yang terkenal menjual ramen adalah Hippari Dako, dengan antrain penggemar mengular setian harinya. Restoran ini telah berdiri selama sekitar 25 tahun, dan menu andalannya adalah udon kari, yuba sashimi, dan yaji-udon (mi goreng).

ひっぱり凧 Hippari Dako

Alamat: 1011 Kamihatsuishimachi, Nikko-city 

Waktu buka: 11.00 - 20.00

No.Telp: +81 288-53-2933

Dikunjungi tempat ini?

Wagyu beef

Wagyu Beef
Source: istockphoto

Daging Wagyu adalah daging terbaik Jepang yang terdiri dari urat-urat lemak yang meningkatkan kandungan lemak, serta menjadikan rasa daging lebih empuk dan berair. Daging wagyu biasa dipanggang dan disajikan bersama kaldu. Wagyu Nikko bernama Tochigi Beef dan berasal dari sapi lokal, juga terkenal karena rasanya yang unik. Rasanya yang lezat bisa dibandingkan dengan daging kobe! Di manakah restoran terbaik di Nikko yang menyajikan daging wagyu? Guruman Wagyu! Meskipun sedikit lebih mahal, daging berkualitas tinggi ini akan membuat kamu ketagihan. Tempat ini selalu mendapatkan ulasan 4/5 bintang. Lokasinya sulit dijangkau tetapi bisa dicapai dengan menggunakan taksi. Restoran ini sangan populer di antara masyarakat lokal, sehingga memesan tempat sebelum berkunjung sangat dianjurkan!

Guruman's Wagyu

Alamat: 1541-297 Tokorono, Nikko-city

Waktu buka: 09.00 - 18.00. Hari libur tutup.

Akses: naik taksi dari stasiun Nikko

No. Telp: +81 288-53-3232

Dikunjungi tempat ini?

Yakitori

Yakitori
Source: istockphoto

Hippari Dako menyajikan makanan khas Nikko lainnya. Yakitori adalah sejenis sate Jepang, biasanya terbuat dari daging sapi, ayam, atau babi. Yakitori terbuat dari potongan daging dengan ukuran serupa dan ditusuk dengan kushi, kemudian dibumbu lalu dibakar. Biasanya, pembakaran dilakukan di atas bara api dan kemudian disajikan. Yakitori biasa dimakan langsung atau dengan nasi atau tambahan makanan lainnya. Tipe yakotori lainnya, kushiyaki, mencampurkan unggas dan non unggas, ditusuk, lalu dibakar seperti enoki maki yang terdiri dari jamur enoki dibungkus irisan daging babi.

ひっぱり凧 Hippari Dako

Alamat: 1011 Kamihatsuishimachi, Nikko-city

Waktu buka: 11.00 - 20.00

No. Telp: +81 288-53-2933

Dikunjungi tempat ini?

Belly good!

Dengan begitu banyak makanan khas terkumpul dalam satu kota Jepang, perut kamu pasti berpesta pora! Pastikan tidak kelewatan berbagai destinasi spiritual dan bersejarah, ketika berkunjung ke NIkko!

Dikunjungi tempat ini?
Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Nikko
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.