10 Tur Wisata Kuliner Terbaik Di Tokyo, Jepang

Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diperbarui
| 5 menit membaca

Mendiang Anthony Bourdain, chef, penulis, dan pembawa acara “Parts Unknown” di CNN, pernah mengunjungi Tokyo. Di acara tersebut, Bourdain menyebut Tokyo sebagai kota wisata kuliner favoritnya. “Saya pergi ke Tokyo pertama kali dan kepala saya meledak,” katanya “Semuanya berubah sejak saat itu. Saya hanya ingin lagi dan lagi. Kalau saya harus memilih untuk tinggal di satu negara, atau di satu kota untuk seumur hidup saya dan tidak pernah meninggalkan tempat itu, saya akan memilih Tokyo tanpa ragu.” Bourdain mungkin tahu, kualitas makanan di Tokyo diakui secara internasional. Pada tahun 2007, Michelin menerbitkan panduan fine dining Tokyo-nya yang pertama dan memberikan penghargaan total 191 bintang ke restoran-restoran di Tokyo. Jadi, sudah tidak heran lagi kalau Tokyo memiliki suasana kuliner yang kaya akan nuansa kosmopolitan.

Bagi yang sudah ataupun belum pernah ke Tokyo, salah satu cara terbaik untuk mencicipi makanan dan nuansa restoran di Tokyo adalah dengan mengikuti tur wisata kuliner yang ada. Mulai dari membuat sushi sampai keliling daerah Shibuya dan Ginza, tur kuliner adalah cara yang tepat untuk menjelajahi segudang pilihan makanan di Tokyo.

1. Tur Jalan Kaki Keliling Shibuya di Malam Hari (mulai USD 233.0)

Shibuya adalah salah satu daerah ramai di Tokyo yang diwarnai oleh berbagai pusat perbelanjaan, kuliner, dan klub malam. Tempat ini juga menjadi lokasi favorit penduduk Tokyo sendiri dalam hal wisata kuliner. Dalam tur 3 jam ini, kamu bisa mencicipi makanan-makanan Tokyo saat mampir ke restoran-restoran pinggir jalan. Pilihan makanan di sini beragam, mulai dari okonomiyaki ala Hiroshima, takoyaki ala Osaka, tujuh macam sushi, daging sapi Kobe atau Wagyu, sate yakitori, sampai makanan penutup taiyaki. Kamu juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi “depachika”, aula kuliner bawah tanah dan membawa pulang sekantong jajanan.

Dikunjungi tempat ini?

Shibuya Food Tour With Tastings

Durasi: 3 hours

458 ulasan

2. Gang Kuliner Tokyo

Kichijoji Dia-gai Meat-shop
Source: Photo by Wikimedia Commons user ITA-ATU used under CC BY-SA 3.0

Bercengkrama dengan penduduk lokal saat kamu berjalan menelusuri gang-gang kuliner di Tokyo. Perjalanan ini dimulai dari “depachika”, aula pusat perbelanjaan kuliner tempat makanan-makanan tradisional dan yang sedang ramai digemari penduduk lokal. Kamu akan mempelajari sejarah tempat ini sambil mencicipi acar, kue, dan cemilan Jepang lainnya. Selanjutnya, tur ini akan membawamu ke daerah Shibuya, tempat untuk mencicipi sushi yang paling terkenal dibuat langsung di depan mata.

Setelah mencicipi sushi, kamu akan dibawa naik kereta ke luar pusat kota ke Kichijoji, pinggiran kota Tokyo. Di sini kamu bisa menjelajahi jalan Shoten Gal tempat pertokoan untuk berbelanja bersama penduduk lokal. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk mengulik cita rasa Jepang dengan mencicipi makanan dengan sentuhan rasa sake yang jarang ditemukan di luar negara ini, seperti sayap ikan fugu, ikan kembung, teh, dan makanan manis. Tur ini akan diakhiri di gang-gang minuman tradisional di Kichijoji dimana kamu bisa mencicipi sake dan cemilan bar di izanaya, gastropub ala Jepang.

Gang Kuliner Tokyo

Website: Gang Kuliner

Dikunjungi tempat ini?

3. Tokyo di Malam Hari: Wisata Kuliner Jepang (mulai USD 120.0)

Tur ini dibatasi hanya untuk dua belas orang setiap rombongan. Melalui tur ini, kamu akan dibawa selama 3 jam mengunjungi beberapa bar dan restoran Tokyo yang buka di malam hari. Kamu berkesempatan untuk mempelajari cita rasa dan tradisi budaya Jepang sambil mencicipi makanan dan minuman lokal. Tur ini dimulai di Gang Yakitori yang terkenal dengan restoran-restoran yang menyajikan makanan khasnya: yakitori (sate ayam panggang). Perhentian selanjutnya adalah Jalan Monja untuk mencicipi monjayaki, kue dadar goreng, makanan favorit lokal. Tur ini berakhir di Ginza, kawasan di Tokyo yang terkenal sebagai pusat perbelanjaan, kuliner, dan hiburan yang dipenuhi toko permen dan makanan manis. Akhiri malammu dengan menikmati makanan manis di pub lokal.

Dikunjungi tempat ini?

Tokyo After 5: Savouring Culinary Delights of Japan

Durasi: 3 hours 30 minutes

498 ulasan

4. Wisata Kuliner Jalan Kaki: Yurakucho, Ginza, dan Shimbashi (mulai USD 245.0)

Habiskan waktu selama 3 jam menjelajahi jalanan kota Tokyo sambil mampir ke tempat makan lokal terbaik dan mencicipi makanan dan minuman yang jarang bisa dinikmati turis lain. Kamu akan dibawa ke daerah Yurakucho, Ginza, dan Shimbashi untuk mencicipi 6-8 masakan dan makanan penutup di tiga tempat tradisional terkenal. Salah satunya adalah Gado Shita, kumpulan restoran dari tahun 1970an di bawah rel kereta. Selain itu, kamu juga akan berkesempatan untuk mencoba lima jenis yakitori yang berbeda, ditemani dengan dua minuman, di beberapa izakaya lokal di Shimbashi.

Dikunjungi tempat ini?

Tokyo Small-Group Food Tour

Durasi: 3 hours

182 ulasan

Tokyo Tour Guide

Ayano

Ayano

Hello! I am Ayano, a local host in Tokyo. I have been living in Tokyo for over 10 years, so I know a wide range of restaurants, bars, cafes, and tourist spots! Leave your Tokyo sightseeing to me. I have traveled to various countries and had unforgettable experiences. Being passionate about traveling, I really want to take you to the captivating places in Tokyo. As photography is my hobby, I wi... Read more

Tours by Ayano

5. Tiga Jam Kelas Masakan Rumahan Musubi Jepang (mulai USD 89.0)

Kunjungi tempat ahli kuliner lokal untuk menemukan rahasia masakan-masakan Jepang rumahan sambil menikmati pengalaman kuliner otentik kelas memasak dalam grup kecil. Pelajari bahan-bahan musiman dan bagaimana cara mengolahnya, cara memasak makanan Jepang musiman, dan apa yang dimasak orang lokal di rumah mereka sendiri. Cari tahu apa itu Umami, inti dari cita rasa Jepang, dan bagaimana cara membuatnya dari nol. Kelas memasak tiga jam ini termasuk hidangan utama pilihanmu seperti Nanban ayam atau ikan, ramen ayam karaage, tempura, atau sushi roll. Termasuk juga dua hidangan sampingan serta sup miso dan nasi.

Dikunjungi tempat ini?

3-Hour Guided Musubi Japanese Home Cooking Class

Durasi: 2 hours 30 minutes

21 ulasan

6. Kelas Memasak Wagyu dan Kaiseki (mulai USD 61.31)

kelas memasak wagyu dan kaiseki

Tur wisata kuliner yang satu ini adalah kesempatanmu untuk mengenal Kaiseki, cara asli memasak ala Jepang dengan bahan musiman. Dalam kelas ini, kamu akan diajarkan beberapa cara menyiapkan masakan-masakan terkenal sambil mendapatkan tips-tips memasak dari instruktur lokal di rumahnya sendiri. Kamu juga akan belajar menyiapkan dan menyajikan steak daging Wagyu terkenal dan 7-8 masakan tradisional Jepang lainnya. Setelah itu, masakan hasil kreasimu sendiri bisa kamu nikmati bersama secangkir teh dan resep yang bisa dibawa pulang.

Dikunjungi tempat ini?

Tokyo: Wagyu and 7 Japanese Dishes Cooking Class

Durasi: 3.0 hour

107 ulasan

7. Wisata Kuliner Malam Hari di Bar-Bar Shibuya

wisata kuliner malam hari di bar-bar shibuya
Source: Magical Trip

Daftar untuk mengikuti tur ini dan dapatkan pengalaman otentik di bar-bar izakaya Jepang. Kamu juga bisa menikmati makanan dan minuman di tempat-tempat tersembunyi yang hanya diketahui penduduk lokal. Tur ini dimulai di persimpangan Shibuya dan pemandu wisata lokal akan mengantarmu sambil menjelaskan budaya lokal saat keliling kota dan mengunjungi lokasi-lokasi bar yang unik di Shibuya.

Wisata Kuliner Malam Hari di Bar-Bar Shibuya

Dikunjungi tempat ini?

8. Tur Jalan-Jalan Pub Tokyo (mulai USD 24.94)

tur jalan-jalan pub tokyo

Tur ini adalah tur malam hari terbesar dengan waktu terlama di kota Tokyo. Inilah cara yang tepat untuk mendapatkan pengalaman kehidupan malam terbaik di kota ini sambil bertemu orang-orang baru. Kamu akan dibawa mengunjungi setidaknya tiga bar atau klub sambil menikmati minuman gratis di setiap bar dan diskon untuk minuman lainnya. Akhiri tur ini di klub dansa paling terkenal di Tokyo. Kalau kamu tidak tahu harus kemana saat ingin melihat kehidupan malam di Tokyo, tur ini adalah pilihan tepat buatmu.

Dikunjungi tempat ini?

Tokyo Pub Crawl

Durasi: 5.0 hour

390 ulasan

9. Tur Pembuatan Sushi dan Pasar Ikan Pagi Tsukiji (mulai USD 133.0)

Ikut tur selama 4,5 jam menjelajahi Pasar Ikan Tsukiji yang terkenal di dunia. Inilah pasar makanan laut terbesar di dunia dan salah satu dari 10 tempat yang harus dikunjungi di Tokyo. Tur ini diawali keliling bagian luar pasar didampingi pemandu wisata. Di sini terdapat penjual makanan, restoran, dan toko peralatan masak Jepang. Tur berlanjut ke restoran sushi terkenal di dekat pasar dimana kamu akan belajar cara membuat sushi roll dan nigiri. Tur ini akan diakhiri dengan duduk santai sambil menikmati makan siang buatanmu sendiri!

Dikunjungi tempat ini?

Sushi-lover’s tour :Sushi Making and Explore Tsukiji Fish Market in the morning

Durasi: 4 hours 30 minutes

10 ulasan

10. Tur Pabrik Sake (mulai USD 173.0)

Perjalanan naik kereta api yang singkat dari pusat kota Tokyo akan membawamu ke pabrik sake dimana kamu bisa mempelajari proses pembuatan, sejarah, dan budaya sake, minuman anggur beras ala Jepang. Pemandu wisatamu akan menceritakan soal sejarah dan peran penting pekerja dan lahan tempat diproduksinya sake tersebut. Setelah tur selesai, kamu berkesempatan untuk mencicipi beberapa jenis sake yang diproduksi di pabrik ini. Kamu juga dapat membawa pulang cinderamata.

Dikunjungi tempat ini?

Sake Brewery Tour including Sake-Tasting Near Tokyo

Durasi: 3 hours

Rasakan pengalaman tradisi kuliner Tokyo

Dalami tradisi kuliner lokal, makan dan minum di tempat-tempat yang dikunjungi penduduk lokal, dan belajar cara menyiapkan masakan tradisional Jepang. Semua pengalaman ini bisa kamu dapatkan dengan mengikuti tur wisata kuliner dan mengunjungi daerah-daerah terkenal di Tokyo. Kamu akan bertemu penduduk lokal yang akan berbagi pengetahuan tentang cita rasa dan bahan masakan Jepang. Kamu berkesempatan mengunjungi rumah mereka dan menikmati masakan rumahan Jepang hasil karyamu sendiri. Wisata kuliner adalah cara yang tepat untuk keluar dari jalur pariwisata pada umumnya untuk lebih mendalami budaya dan tradisi lokal.

Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Tokyo
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.