10 Kegiatan Liburan Terbaik Di Cainta, Filipina

10 Kegiatan Liburan Terbaik Di Cainta, Filipina
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diperbarui
| 4 menit membaca

Cainta mungkin kecil, tetapi kota ini merupakan salah satu kota paling urban di provinsi Rizal. Di luar tampilan modernnya, Cainta menyimpan kekayaan sejarah yang terbentuk oleh kepercayaan dan patriotisme. Baca terus untuk mengetahui semua kegiatan liburan terbaik di Cainta kuno.

1. Cicipi kue beras


Cainta terkenal dengan kue berasnya yang lezat dan terjangkau yang disebut “kakanin”. Kamu bisa melihat toko-toko menjual berbagai jenis kue beras berwarna termasuk bibingka, sapin-sapin, kalamay, kue singkong, biko, suman, dan jenis kue lainnya dimana-mana. Salah satu toko kue beras terbaik di kota yang harus kamu kunjungi adalah Aling Kika’s Food Products yang terletak di Bonifacio Ave

Aling Kika's Food Products

Alamat: 102 Bonifacio Avenue, Barangay Sto. Domingo, Cainta, 1900 Rizal

Dikunjungi tempat ini?

2. Lihat kesenian Spanyol di Gereja Paroki "Our Lady of Light"


Kalau kamu termasuk pecinta seni, Our Lady of Light adalah salah satu lukisan paling populer di Cainta yang harus kamu lihat. Lukisan kanvas cantik ini berada di dalam Gereja Paroki Our Lady of Light dan dibuat oleh Seniman Nasional Filipina, Fernando Amorsolo. Ikuti juga festival Our Lady of Light setiap tanggal 1 Desember.

Gereja Paroki Our Lady of Light

Alamat: Andres Bonifacio Avenue, San Andres, Cainta, Rizal

Dikunjungi tempat ini?

3. Saksikan Pasyon tahunan di Santo Domingo


Pasyon tahunan (juga dikenal dengan nama Prapaskah atau Passion Week) adalah acara Katolik yang diadakan di Santo Domingo. Acara ini ideal untuk kamu yang ingin melihat sekilas tradisi Katolik setiap Minggu Suci di Filipina. Pasyon Cainta menggambarkan kehidupan dan kematian Yesus Kristus berdasarkan peristiwa yang ditentukan dalam Alkitab. Pusat Santo Domingo menjadi panggung drama Alkitab yang ditonton oleh para penganut dan juga banyak pasang mata penasaran dari berbagai negara. Pasyon ini biasanya dimulai pada jam 10 malam dan berlangsung sampai jam 2 atau 3 pagi.

Dikunjungi tempat ini?

4. Saksikan Penitencia (Stations of the Cross) di Liwasang Bayan

Posted by SAMAHANG NAZARENO INC. on Wednesday, 29 March 2017

Cainta terkenal dengan acara tahunannya terutama yang berhubungan dengan tradisi Katolik orang-orang Filipina yang berdedikasi tinggi. Perayaan selama seminggu yang disebut Cenakulo diakhiri dengan drama jalanan bernama “Penitencia”. Di sini, seorang sukarelawan berperan sebagai Yesus Kristus dan menghidupkan kembali 14 stasiun salib (Stations of the Cross) tempat ia dicambuk, dipukuli, dan disalib.

Dikunjungi tempat ini?

Hal lain yang bisa kamu lakukan di sekitar Cainta

Kalau kamu ingin mengunjungi lebih banyak tempat di kawasan ini, langsung saja ke tempat-tempat wisata di Rizal!

5. Habiskan satu hari bertemakan seni di Museum Seni Pinto

A post shared by Ian Reyes (@bry_1an) on May 10, 2017 at 9:14pm PDT



Kamu pecinta seni? Bagaimana dengan alam atau fotografi? Kalau jawabanmu ya, pergi ke Museum Seni Pinto. Museum “layak Instagram” ini telah mengubah setiap sisinya menjadi karya seni dengan detail begitu cermat. Suatu hasil karya perancang dan direktur museum, Antonio Leaño. Kamu bisa menghargai karya seni Filipina kontemporer seperti karya Mark Justiani dan Jose John Santos III. Kamu juga bisa melihat berbagai macam bentuk kesenian mulai dari pahatan, lukisan, hingga diorama.

Museum ini tidak hanya dipenuhi karya seni tetapi juga menawarkan nuansa damai karena dikelilingi oleh alam. Bahkan di sini tersedia sebuah kafe untuk mengobati rasa haus dan laparmu. Bagian terbaiknya adalah biaya masuk yang terjangkau. Hanya dengan 4 USD, kamu bisa menikmati kawasan ini sepanjang hari. Orang lanjut usia dan pelajar bisa mendapatkan diskon dan cukup membayar 3,6 USD dengan menunjukkan bukti yang sah. Kalau kamu liburan dengan anak berusia 3 tahun ke bawah, mereka bisa masuk secara gratis.

Museum Seni Pinto

Alamat: 1 Sierra Madre St., Grand Heights Rd, Antipolo, Rizal

Dikunjungi tempat ini?

6. Jelajahi formasi batuan megah Masungi Georeserve



Masungi Georeserve adalah geopark yang dapat diakses dari kota tetapi kamu tidak bisa sembarang masuk. Karena popularitas geopark yang meningkat, kamu harus memesan tiket terlebih dahulu. Karena kegiatannya melibatkan hiking selama berjam-jam, pengunjung harus dalam keadaan sehat dan berusia 13 tahun ke atas untuk memenuhi syarat untuk kegiatan tersebut. Menurut panduan, setiap jalur pendakian berbeda-beda dan biasanya berlangsung selama 3 hingga 4 jam. Jalan setapak di sini dilapisi dengan batu dan balok beton sehingga lebih mudah untuk dilalui. Di sini terdapat banyak jembatan gantung dan juga jalur tali menuju jalur utama. Biaya masuk untuk setiap pengunjung berkisar antara 30 USD di hari kerja dan 36 USD di akhir pekan.

Masungi Georeserve

Alamat: 45 Marikina-Infanta Hwy, Marikina, 1970 Rizal

Dikunjungi tempat ini?

7. Lihat petroglyph tertua di Filipina



Petroglif tertua di Filipina terdapat di Angono, Rizal. 127 figur yang berbeda ini mencakup berbagai bentuk seperti manusia, hewan, dan juga bentuk-bentuk geometris. Untuk orang dewasa, biaya masuknya 0,4 USD dan 0,2 USD untuk anak-anak. Situs ini hanya buka di hari Senin sampai Jumat mulai jam 9:00 pagi sampai jam 4:00 sore.

Angono Petroglyphs

Alamat: Binangonan, Rizal

Dikunjungi tempat ini?

8. Berenang di air terjun Tanay


Rizal telah menjadi tujuan wisata bagi penduduk setempat yang ingin beristirahat dari kehidupan kota. Daya tarik alamnya dapat diakses dengan mudah dari kota. Cukup kunjungi Tanay dan di sana kamu bisa menjelajah lebih jauh. Di Tanay terdapat air terjun favorit wisatawan. Daranak dan Batlag adalah dua air terjun cantik di mana kamu bisa menghabiskan seharian berenang dengan biaya masuk hanya 1 USD. Di Air Terjun Daranak, kamu bisa menyewa pondok besar sepanjang hari hanya dengan 6 USD dan pondok kecil dengan 3 USD. Di Air Terjun Batlag, kamu bisa menyewa pondok seharga 5 USD.

Air Terjun Batlag & Air Terjun Daranak

Alamat: Tanay, Rizal

Dikunjungi tempat ini?

9. Berhenti sejenak dan rasakan angin sepoi-sepoi di Pililla Wind Farm


Liburan ke negara tropis bisa membuatmu ingin lari dari teriknya sinar matahari. Jadi, mengapa tidak pergi ke suatu tempat yang sejuk dan berangin? Di Pililla Wind Farm terdapat kincir angin dengan sekitar 27 turbin menara angin yang beroperasi penuh. Lahan seluas 4.515 hektar ini menawarkan biaya masuk dan parkir gratis bagi pengunjung. Kamu harus berkunjung ke sini saat ingin menjauh dari kebisingan dan polusi kota.

Pililla Wind Farm

Alamat: Pililla, Rizal

Dikunjungi tempat ini?

10. Bersantai dengan alam di Cagar Alam Gunung Purro


Kamu suka hiking, berenang, makan, dan tidur? Cagar Alam Gunung Purro atau Mount Purro Nature Reserve menawarkan semua kegiatan tersebut di satu tempat. Dengan biaya 14 USD saja, kamu bisa mengakses fasilitas yang disediakan, mendaki ke Malvar’s Peak, dan makan siang prasmanan. Mereka juga menawarkan kegiatan solo seperti menunggang kuda, trekking di sungai, perawatan pijat, dan zipline mini. Mereka juga menyediakan akomodasi mulai dari 70 USD hingga 100 USD untuk 5 orang. Meskipun semua kamar tidak ber-AC, kamu tidak akan memerlukannya saking sejuknya tempat ini.

Mount Purro Nature Reserve

Alamat: Purok 5, Barangay Calawis, Antipolo, 1870 Rizal

Dikunjungi tempat ini?

Mampir dan lihatlah

Cainta Church
Source: Photo by Wikimedia Commons user Elmer B. Domingo used under CC BY-SA 3.0

Bahkan tempat terkecil yang tak terduga pun bisa memberimu sepotong sejarah, tradisi, dan budaya. Dan Cainta kuno adalah salah satu tempat yang menawarkannya. Dari Cainta, kamu juga bisa keluar untuk menjelajahi situs-situs alami di sekitar Rizal, semuanya dengan harga terjangkau. Jadi tunggu apa lagi? Simpan daftar ini dan siap-siap liburan!

Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Cainta
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.