10 Tempat Wisata Di Gijon, Spanyol Yang Wajib Kamu Kunjungi

10 Tempat Wisata Di Gijon, Spanyol Yang Wajib Kamu Kunjungi
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diperbarui
| 5 menit membaca

Gijón (Xixón), yang terletak di Teluk Biscay, merupakan kota terbesar dalam komunitas otonom Asturias di Spanyol. Terpisahkan dari bagian lain Spanyol oleh pegunungan tinggi, bagian negara ini pasti terasa berbeda dengan apa yang bisa kamu temukan di kawasan Mediterania. Tempat wisata di Gijon menyimpan informasi mengenai zaman industri di Spanyol Utara dan hubungan erat antara penduduk dengan laut di sini. Dari museum, reruntuhan dan sisa-sisa masa Romawi, melewati hutan yang mengesankan, sampai pantai yang luas dan tanjung berbatu, kawasan ini menawarkan beragam pemandangan menarik yang tidak boleh kamu lewatkan. Artikel ini membahas 10 tempat utama yang harus kamu kunjungi untuk memaksimalkan liburan di Spanyol.

Lokasi peta

1. Laboral Ciudad de la Cultura

Gijón - Laboral Ciudad de la Cultura (ex Universidad Laboral) 02
Source: Photo by Wikimedia Commons user Zarateman used under CC0

Kampus universitas era Franco yang sangat besar ini dibangun pada tahun 50-an, berjarak 3 kilometer (1,9 mil) dari kota, runtuh pada tahun 1990-an, dan telah menjadi pusat seni dan pendidikan dinamis yang merupakan bagian dari Universitas Oviedo dalam upayanya melestarikan bangunan ini. Di sini, kamu bisa melihat teater 1.500 tempat duduk, mengunjungi halaman utama yang mengesankan, dan menjelajahi taman-taman atau menara Giralda setinggi 130 meter (426 kaki) yang terinspirasi oleh Sevilla, bangunan tertinggi di Asturias dengan pemandangan terbaik Gijón dari atas. Tempat ini menyenangkan dan menghibur banyak pengunjung.

Laboral Ciudad de la Cultura

Alamat: Calle Luis Moya Blanco, 261, 33203 Gijón, Asturias, Spanyol

Website: Laboral Ciudad de la Cultura

Dikunjungi tempat ini?

2. Jardín Botánico Atlántico

En el Jardín Botánico Atlántico de Gijón
Source: Photo by Wikimedia Commons user Manuel Martín Vic... used under CC BY 2.0

Bersebelahan dengan Laboral Ciudad de la Cultura, satu-satunya kebun raya di Asturias ini merupakan taman modern (dibuka pada tahun 2003) seluas 10 hektar yang menampilkan tanaman-tanaman dari pantai utara Spanyol dan kawasan Atlantik. Dibagi menjadi empat zona berbeda, masing-masing dengan nuansa yang sangat berbeda, Kamu bisa jalan-jalan di “kawasan Teluk Biscay” dengan pepohon hardwood dan flora wilayah beriklim sedang ini (beech, birch, gabus, dan ek).

Di bagian lainnya terdapat tanaman merambat dan pohon zaitun di area kebun, camelia dan pohon pisang di bagian yang lebih tua, dan hutan jenis konifera serta flora Atlantik dan Mediterania lainnya di bagian terakhir. Menampilkan berbagai macam tanaman, pohon, dan koleksi alam terbuka hijau, taman yang luar biasa ini adalah tempat ideal untuk jalan-jalan santai atau piknik keluarga dalam suasana damai untuk menjauh dari hiruk-pikuk pusat kota.

Jardín Botánico Atlántico

Alamat: Av. del Jardín Botánico, 2230, 33203 Gijón, Asturias, Spanyol

Website: Jardín Botánico Atlántico

Dikunjungi tempat ini?

3. Tempat Pemandian Romawi

Termas de Campo Valdés
Source: Photo by Wikimedia Commons user Maria jose 1963 used under CC BY-SA 4.0

Menghadap lautan di distrik Cimadevilla dan di sebelah Gereja San Pedro Apóstol, situs arkeologi Pemandian Romawi ini (dibangun sekitar tahun 100 M) wajib untuk semua pecinta sejarah. Di sini, kamu bisa belajar tentang peran penting pemandian air panas dalam kehidupan masyarakat Romawi (perbedaan antara berbagai jenis ruang, bagaimana mereka dipanaskan, dll.). Kamu juga bisa melihat sisa-sisa hypocaust, oven, area pemandian, dan artefak-artefak yang menarik.

Termas Romanas De Campo Valdés

Alamat: Campo Valdés s/n, 1, 33201 Gijón, Asturias, Spanyol

Website: Termas Romanas De Campo Valdés

Dikunjungi tempat ini?

4. Barrio de Cimadevilla

Cimadevilla-261213
Source: Photo by Wikimedia Commons user FDV used under CC BY-SA 3.0

Kawasan Cimadevilla jelas merupakan salah satu yang paling karismatik di Gijón, sebuah distrik yang indah, kuno, tetapi terawat dengan baik dan kuat bertahan melalui zaman Romawi, konflik abad pertengahan, pembangunan pelabuhan, awal era industrialisasi, sampai hari ini. Kamu bisa menelusuri jalanannya dan melihat fasad yang penuh dengan cerita. Jalan-jalan dikelilingi atmosfer indah ke salah satu bagian kota yang paling cantik ini.

Cimadevilla

Website: Cimadevilla

Dikunjungi tempat ini?

5. Akuarium Gijón

Gijon Acuario
Source: Photo by Wikimedia Commons user Xauxa used under CC BY-SA 3.0

Tepat di Pantai Poniente, pusat kehidupan laut yang menakjubkan ini menampung sekitar 5.000 hewan (400 spesies laut berbeda) yang menjadikannya satu-satunya akuarium di Spanyol yang menampung kelima jenis vertebrata: ikan, burung, reptil, mamalia, dan amfibi. Tidak hanya sekadar pergi melihat binatang seperti berang-berang, ikan badut, kuda laut, gurita, dan hiu, di sini kamu juga bisa mendapatkan info mendalam tentang habitat mereka serta metode bertahan hidup dan pola makannya. Suatu informasi mendidik dan berharga yang disukai sebagian besar pengunjung (baik anak-anak maupun orang dewasa). Sungguh atraksi liburan keluarga paling menarik di kawasan ini!

Akuarium Gijón

Alamat: Playa de Poniente, s/n, 33212 Gijón, Asturias, Spanyol

Website: Akuarium Gijón

Dikunjungi tempat ini?

6. Museum Rakyat Asturia

Museodelpueblodeasturias
Source: Photo by Wikimedia Commons user IVF used under PUBLIC DOMAIN

2,5 kilometer (1,5 mil) di timur Plaza Mayor, terdapat museum yang menarik dan dikhususkan untuk budaya Asturia tradisional. Di sini, kamu bisa melihat pameran bagpipe, memasak, kereta kuda, dan gaun pesta dansa sutra dari abad ke-19 dan juga belajar tentang kehidupan sehari-hari Asturia sepanjang zaman melalui pameran indoor dan outdoor dari berbagai bangunan khas, termasuk toko gandum dan tempat penampungan gembala yang unik. Tempat ini mengajarkan banyak hal mengenai kawasan ini dengan cara yang menyenangkan.

Museum Rakyat Asturia

Alamat: Paseo del Dr Fleming 877, Gijón, Spanyol

Website: Museum Rakyat Asturia

Dikunjungi tempat ini?

7. Cerro de Santa Catalina

Camino del Norte (5594877503)
Source: Photo by Wikimedia Commons user José Antonio Gil ... used under CC BY 2.0

Taman Cerro de Santa Catalina adalah kawasan menawan tempat kamu bisa jalan-jalan santai atau berpiknik bersama teman dan keluarga dalam nuansa damai. Di sini, terdapat dua titik paling simbolis dari taman berbukit ini: patung-patung “Praise of the Horizon” di tepi semenanjung Asturia dan patung “Northeast” yang jauh lebih kecil namun tidak kalah mengesankan. Tempat ini tenang dan indah, ideal untuk jalan santai.

Cerro de Santa Catalina

Alamat: Cimadevilla, Gijón, Spanyol

Dikunjungi tempat ini?

8. Museum Rel Kereta Api Gijón

Museo de FFCC de Gijón 01
Source: Photo by Wikimedia Commons user B25es used under CC BY-SA 3.0

Terletak di bangunan bekas Estación del Norte kota ini, Gijón Railway Museum atau Museum Rel Kereta Api Gijón yang dibuka pada tahun 1998 menampilkan mesin-mesin dari jalur kereta Spanyol Barat Laut. Kamu bisa memahami peran penting kereta dalam sejarah Asturia di sini. Dengan sejarah penambangan batubaranya, kamu juga bisa melihat beragam mesin yang digunakan dalam industri ini dan juga sejumlah besar (lebih dari 50) lokomotif uap kuno, trem, dan rolling stock bersejarah. Selain itu, di aula stasiun tua kamu bisa mempelajari bagaimana kereta api berjalan seiring dengan perkembangan ekonomi Asturia di abad ke-19. Tempat ini juga ideal untuk menyelami budaya dan sejarah kawasan ini.

Museum Rel Kereta Api Gijón

Alamat: Plaza Estación del Nte., s/n, 33212 Gijón, Asturias, Spanyol

Website: Museum Rel Kereta Api Gijón

Dikunjungi tempat ini?

9. Playa de San Lorenzo (dan pantai kota lainnya)

Gijon-playa san lorenzo y Cimadevilla
Source: Photo by Wikimedia Commons user [Unknown] used under CC BY-SA 3.0

Sangat mempengaruhi iklim di Gijón, lautan adalah komponen penting dari tradisi dan sejarah kawasan ini. Tidak ada yang lebih baik dari bertemu langsung dengan unsur Asturia yang vital ini di pantai. Bahkan kalau kamu tidak suka berenang, mengunjungi Playa de Poniente adalah pengalaman asyik, khususnya untuk San Juan di bulan Juni. Saat itu, seakan-akan seisi kota berhamburan ke pantai untuk melihat api unggun besar dan pertunjukan kembang api. Di sisi lain, Playa de San Lorenzo (di sisi lain Cimavilla) adalah pantai panjang dan luas dengan kawasan pejalan kaki yang menyenangkan. Berwisata di banyak pantai di kawasan ini (seperti La Ecalerona) adalah cara yang baik untuk menikmati keindahan alam kawasan ini.

Playa de San Lorenzo

Alamat: Gijon, Spanyol

Website: Playa de San Lorenzo

Dikunjungi tempat ini?

10. Museum Lukisan Barjola

Museo Barjola. Gijón.
Source: Photo by Flickr user David Álvarez López used under CC BY 2.0

Berbasis di bekas Kompleks Trinidad dan merupakan sebuah contoh fantastis arsitektur Gijón Barok abad ke-17, Museum Barjola menampilkan karya-karya seniman Juan Barjola (104 karya dari tahun 1950-1988 yang telah disumbangkan ke museum). Selain menikmati keindahan lukisan-lukisan yang dipamerkan di sini, kamu juga bisa melihat patung seni dan bahkan mengikuti festival dan acara yang berlangsung di sini.

Museum Lukisan Barjola

Alamat: Calle Trinidad, 17, 33201 Gijón, Asturias, Spanyol

Website: Museum Lukisan Barjola

Dikunjungi tempat ini?

Jelajahi Gijón dan sekitarnya!

Dengan 10 tempat wisata asyik yang dapat dikunjungi di Gijón ini, kamu bisa menjelajahi kota besar di Spanyol yang penuh dengan objek wisata menarik untuk liburan seru tak terlupakan!

Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Gijon - Asturias Coast (area)
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.