7 Aktivitas Terbaik Saat Liburan Ke Pushkar, India

7 Aktivitas Terbaik Saat Liburan Ke Pushkar, India
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diperbarui
| 3 menit membaca

Pushkar yang spiritual adalah kota kuno di Rajasthan, India. Kota ini terkenal dengan tempat-tempat wisata menarik berikut dengan nilai spiritualnya. Di sini terdapat ‘Naga Pahar’ yang menjadi pembatas antara Ajmer dan Pushkar. Terdapat juga kebun mawar dan festival unta terkenal di dunia yang menarik perhatian turis-turis mancanegara untuk menikmati waktu bersantai di kota ini. Ayo liburan ke Pushkar, India dengan aktivitas-aktivitas berikut ini!

1. Berendam di danau sakral Pushkar

Pushkar Lake

Posted by Queen Enigma's Photography on Monday, 6 February 2017

Danau Pushkar berbentuk sedikit bundar dan merupakan danau yang sakral. Menurut mitos Hindu, danau ini bernama ‘Tirtha Raj’. Danau ini dikelilingi 300 tempat peribadatan dan 52 tangga turun menuju danau, dimana umat Hindu biasa berendam dalam ritual pemandian suci. Siapapun yang berendam di danau sakral ini, melalui ritual Kartik Purnima, dipercaya bahwa dia akan diberkati keselamatan. Danau ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit, tapi bukan berarti kamu harus menunggu sakit kulit untuk menjadikan danau ini salah satu tempat aktivitas liburan di Pushkar.

Danau Pushkar

Website: Danau Pushkar

Dikunjungi tempat ini?

2. Mengikuti Festival Unta Pushkar

The festival of Pushkar
Source: Photo by Wikimedia Commons user Mahendra Nikum used under CC BY-SA 4.0

Festival Unta Pushkar, atau Pushkar Camel Fair, diselenggarakan di bulan Oktober dan November di Pushkar, Rajasthan. Selama festival ini berlangsung, ada banyak aktivitas liburan menarik yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa naik kincir, ikut kompetisi kumis terbaik, lomba mengikat turban khusus turis, atau sekedar jalan-jalan di ladang unta. Ini adalah festival Rajasthan yang paling terkenal. Meskipun namanya festival unta, acara ini bukan semata-mata soal unta, tetapi sebagai ajang untuk berkumpul dan bersenang-senang. Festival ini menarik perhatian sekitar 200.000 orang dan 50.000 ekor unta setiap tahunnya. Acara ini memberi kesempatan bagi petani-petani di Rajasthan untuk berkumpul dan berjualan unta, kuda, dan hewan ternak.

Wisatawan dapat mengikuti festival ini dan beragam kegiatan lainnya seperti tarik tambang dan pertandingan kabaddi dimana turis-turis dapat berlomba melawan penduduk lokal India.

Pushkar Camel Fair

Website: Pushkar Camel Fair

Dikunjungi tempat ini?

3. Kunjungi Brahma Temple

Divine Brahma Temple Pushkar, Rajasthan Follow our page Best Things in India for more splendid pictures. Photo By: Nilufer Boocha

Posted by Best Things in India on Saturday, 22 April 2017

Brahma Temple adalah tempat peribadatan umat Hindu yang terletak di Pushkar. Tempat ini sangat terkenal karena merupakan satu-satunya tempat peribadatan yang didekasikan untuk Dewa Brahma. Beribu-ribu umat Hindu datang kemari setiap tahunnya untuk menyembah dewa-dewa di sini. Pushkar memiliki lebih dari 500 tempat peribadatan, dan ini adalah yang utama. Tempat ini dibangun di abad ke-14 dan dipercaya telah berusia sekitar 2.000 tahun.

Brahma Temple

Alamat: Brahma Temple Road, Ganahera, Pushkar, Rajasthan 305022

Website: Brahma Temple

Dikunjungi tempat ini?

4. Nikmati pemandangan Nag Pahar

Naga baba ka pahad in pushkar

Posted by Vinod Dugeshwar Jangid on Thursday, 11 July 2013

Nag Pahar atau “Ular Gunung” membagi dua kawasan di Rajasthan: Pushkar dan Ajmer. Konon, gunung ini dulunya jauh lebih tinggi. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, tinggi gunung ini teus berkurang dan suatu hari, gunung ini akan menghilang! Perbukitan ini dianggap membawa untung dengan adanya Nag Kund, tempat tinggal Vatu, anak Dewa Brahma, setelah dikutuk oleh Rishi Chyavan. Mengunjungi gunung ini dipercaya dapat mengusir setan. Jadi, pastikan kamu mengisi aktivitas liburan di Pushkar dengan mengunjungi gunung ini sebelum gunung ini menghilang!

Nag Pahar

Website: Nag Pahar

Dikunjungi tempat ini?

5. Kunjungi Savitri Temple yang kuno

Savitiri temple, on the height of 700 ft, i climbed there

Posted by Viral Nagori on Monday, 21 November 2011

Savitri Temple terletak di puncak bukit Pushkar. Tempat peribadatan ini didedikasikan untuk Savitri, istri pertama Dewa Brahma. Tempat ini merupakan salah satu tempat suci di Pushkar dan tujuan ziarah yang penting. Secara spiritual, tempat ini sangat penting bagi kawasan ini dan menarik perhatian banyak umat Hindu dari seluruh India dan belahan dunia lainnya.

Savitri Temple

Alamat: Kharekhari Road, Pushkar, Ajmer, Rajasthan 305005

Dikunjungi tempat ini?

6. Man Mahal yang mewah

Man Mahal in Pushkar - Pushkar- Rajasthan Like this page for more updates For more places in Pushkar visit this page - http://etravellersguide.com/india/rajasthan/top-tourist-places-in-pushkar/

Posted by ETravellersGuide on Wednesday, 10 August 2016

Istana menakjubkan ini dibangun oleh Raja Man Singh-I dari Amber di danau sakral Pushkar. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan indah tepi danau dengan tempat-tempat peribadatan di sekitarnya. Awalnya, tempat ini dibangun untuk tempat singgah Raja Man Singh-I saat beliau mengunjungi Pushkar. Tetapi sekarang, tempat ini berubah menjadi hotel yang dikelola oleh Rajasthan Tourism Development Corporation dan menawarkan pemandangan cantik bagi turis-turis di Pushkar. Hotel ini dilengkapi fasilitas menarik seperti spa, kolam renang, dan makanan enak.

Man Mahal

Alamat: Danau Pushkar

Dikunjungi tempat ini?

7. Bersantai di Rose Garden

Rose Garden Pushkar

Posted by Narendra Ajmera on Saturday, 11 July 2015

Pushkar juga dikenal dengan kebun bunga mawarnya. Kota ini juga dijuluki sebagai Taman Mawar Rajasthan. Pekebun bunga mawar di sini menanam beragam bunga mawar untuk diekspor ke banyak tempat di dunia. Di sini terdapat berhektar-hektar lahan kebun yang didekasikan khusus untuk perkebunan bunga mawar. Di Rose Garden, terdapat beragam warna bunga dan semerbak wangi bunga yang beragam juga. Mengunjungi tempat mempesona ini layak kamu jadikan aktivitas liburan saat beradadi Pushkar.

Dikunjungi tempat ini?

Makan, jalan-jalan, dan berdoa di Pushkar

Jalan-jalan ke Pushkar lebih dari sekedar ziarah spiritual. Banyak hal bersejarah yang bisa disaksikan di sini dan juga aktivitas liburan lainnya seperti Festival Unta, danau sakral Pushkar, Nag Pahar, dan Rose Garden. Festival unta menarik banyak pengunjung setiap tahunnya, terutama turis mancanegara. Jika kamu ingin ikut ambil bagian, jadwalkan liburanmu sebaik mungkin. Nikmati petualanganmu di kota cantik India ini!

Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Pushkar
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.