Cara Menikmati Tinggal 2-Hari-1-Malam Di Sebuah Onsen Ryokan Di Jepang

Cara Menikmati Tinggal 2-Hari-1-Malam Di Sebuah Onsen Ryokan Di Jepang
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diperbarui
| 5 menit membaca

Dengan lebih dari 3.000 resor musim panas alami, atau onsen di Jepang, perjalanan ke Tanah Matahari Terbit tidak akan lengkap tanpa kunjungan ke salah satu onsen yang sangat populer ini. Sementara ada banyak pemandian air panas yang tersebar di seluruh negara di mana anda dapat menikmati perjalanan sehari, saya sangat menyarankan anda untuk tinggal di setidaknya satu ryokan onsen (penginapan bergaya tradisional Jepang dengan sumber air panas) untuk pengalaman yang luar biasa. Seperti kata pepatah, ketika di Roma, lakukan seperti yang dilakukan orang Romawi. Jadi untuk pengalaman onsen yang benar-benar lokal, anda harus mengikuti apa yang dilakukan orang Jepang saat mereka check-in ke ryokan onsen. Artikel ini akan memberi anda panduan terperinci tentang bagaimana menikmati 2 hari 1 malam di ryokan onsen anda seperti orang lokal.

Hari 1: Setibanya di ryokan

Resepsi Dogo Can
Source: Booking.com

Waktu check-in resmi untuk ryokan onsen di Jepang sekitar pukul 3 sore. Setibanya di penginapan bergaya Jepang tradisional untuk retret anda yang indah, staf resepsi yang ramah akan meminta pilihan makan malam anda, sehingga mereka dapat melakukan persiapan yang diperlukan untuk melayani anda dengan santapan sekitar pukul 7 malam.

Jelajahi lingkungan ryokan dan kota

Taman
Source: Agoda

Setelah menetap di kamar anda, akan sia-sia saja untuk bermalas-malas di kamar anda dan tidak melakukan apapun! Meskipun mungkin sulit untuk mengeluarkan diri dari ruang tradisional yang nyaman, lakukan upaya untuk mengeksplorasi senyawa ryokan dan kota onsen sekitarnya. Dunia yang menawan di luar sana menunggumu untuk dijelajahi. Berjalanlah mengelilingi taman tradisional Jepang di ryokan untuk menikmati udara segar dan pemandangan musiman yang indah. Pergilah ke jalan-jalan di kota onsen yang santai untuk berbelanja kerajinan tangan dan souvenir lokal untuk dibawa pulang untuk keluarga dan teman anda. Benamkan diri anda dalam suasana retro di kota-kota musim panas ini saat anda berjalan-jalan di sepanjang jalan!

Waktu untuk mandi yang layak di ryokan onsen!

Onsen yukata
Source: Trip101

Di malam hari, sekitar jam 6 sore, kembali ke ryokan anda untuk mandi onsen pertama anda. Ini adalah momen yang anda tunggu! Setelah semua, alasan utama anda untuk pemesanan semalam ryokan onsen menginap tidak lain adalah menikmati mandi santai di perairan air panas alam. Pergilah ke onsen yukata (mantel mandi kimono) yang tersedia di kamar anda, dan bawakan satu set handuk, biasanya ditemukan di kamar anda, untuk digunakan di onsen umum. Jika anda tidak dapat menemukan handuk di kamar anda, mereka akan tersedia di area onsen.

Ingat itu adalah budaya tradisional Jepang untuk dilepaskan sepenuhnya saat anda masuk mandi. Jika anda merasa malu untuk telanjang di depan semua orang (dengan jenis kelamin yang sama) di bak mandi, anda bisa menggunakan handuk kecil untuk menutupi bagian tubuh sensitif anda sebelum masuk ke bak mandi. Sebelum memasuki bak mandi, duduklah di bangku di area cuci di samping bak mandi dan cuci dengan sabun. Jangan menaruh handuk di air saat anda masuk ke bak mandi. Handuk harus digunakan untuk membundel rambut panjang di kepala anda atau diletakkan di samping bak mandi. Menjalankan, mencuci atau berenang di bak mandi juga dilarang sehingga anda sebaiknya tinggal di bak mandi untuk merendam rendam.

Untuk penghitung waktu pertama, hindari perendaman di bak mandi terlalu lama karena tubuh anda mungkin tidak terbiasa dengan suhu air yang tinggi. Berdiri perlahan saat anda bersiap meninggalkan bak mandi untuk menghindari mantra pingsan. Usap dirimu sedekat mungkin sebelum kembali ke ruang ganti untuk mengubah kembali ke yukata mu. Perhatikan bahwa dianjurkan untuk tidak membilas diri anda lagi sehingga anda dapat menikmati sepenuhnya manfaat mineral di dalam air. Namun, jika anda memiliki kulit sensitif, mungkin lebih baik bilas air sebelum anda menyeka kering. Jangan lupa jangan pernah mencuci atau membilas diri sendiri di bak mandi agar tidak mencemari mata air.

Nikmati cita rasa masakan kaiseki tradisional yang menggiurkan

onsen super gorgeous dinner
Source: Photo by user katsuuu 44 used under CC BY-ND 2.0

Sekarang, perut anda harus menggeram setelah menyegarkan rendam di bak mandi. Taruhlah ke dalam makan malam nikmat yang biasanya merupakan masakan kaiseki tradisional, yang berarti makan malam prasmanan ala Jepang. Diketahui untuk persiapannya yang cermat dan presentasi yang indah, selain bisa menikmati makanan yang terbuat dari bahan-bahan lokal segar, ini juga merupakan pesta visual untuk matamu. Bergantung pada ryokan yang anda kunjungi, anda mungkin bisa bersantap dengan nyaman di kamar anda.

Bakar beberapa kalori setelah makan malam dengan bermain tenis meja

 https://www.youtube.com/watch?v=P3-3PHJ5qVg

Mengingat bahwa makan malam ini merupakan penyebaran banyak hidangan yang mewah, biasanya terasa begitu kenyang dan puas setelah makan. Karena tidak disarankan untuk kembali ke onsen dengan perut penuh, luangkan kesempatan untuk membakar beberapa kalori dengan permainan tenis meja. Ini adalah permainan umum yang disukai penduduk setempat untuk terlibat setelah makan malam di ryokan. Cobalah bermain satu atau dua set dengan rekan perjalanan anda untuk mengeluarkannya. Siapa tahu, anda mungkin tumbuh menyukai permainan sederhana dan bahkan menjadi kecanduan!

Bersantai dan beristirahat dengan bak mandi onsen kedua

Senninburo
Source: Shimochin

Saya kira anda memiliki lebih atau kurang membakar beberapa kalori dari permainan tenis meja yang menyenangkan dan tidak merasa kenyang sekarang. Itu berarti anda sekarang siap berendam di bak mandi untuk kedua kalinya! Kebanyakan ryokan onsen memiliki setidaknya dua pemandian umum yang berbeda, jadi anda bisa mengunjungi yang lain untuk pengalaman yang berbeda dalam putaran ini. Atau anda mungkin ingin memesan bak mandi pribadi dengan ryokan. Etiket mandi yang sama yang disebutkan sebelumnya berlaku untuk mandi kedua anda, perhatikan dan nikmati rendam terapeutik anda!

Menyatu dengan teman perjalanan anda dengan permainan atau minuman

Jigokudani hotspring in Nagano Japan 001
Source: Photo by Wikimedia Commons user Yosemite used under CC BY-SA 3.0

Jika anda masih merasa energik setelah mandi onsen kedua, bersenang-senang bermain tenis meja lagi bersama teman anda. Jika tidak, anda bisa terikat dengan permainan kartu yang menyenangkan bersama di dalam ruangan, atau pergi ke izakaya di ryokan, di mana anda bisa bersantai dengan sake Jepang atau bir dengan makanan ringan. Setelah itu, kembalilah ke kamar bergaya tatami yang nyaman untuk istirahat yang baik.

Hari 2: Bangun dan mandi yang menyegarkan di onsen

Pemandangan matahari terbit dari onsen
Source: Miki

Keesokan paginya, penduduk setempat akan pergi ke onsen untuk mandi santai sebelum sarapan pagi. Hal ini terutama terjadi jika ada onsen udara terbuka, atau onsen dalam ruangan dengan jendela besar menghadap ke arah Timur, karena ini akan menjadi kesempatan besar untuk menikmati matahari terbit yang indah. Bagi orang Jepang, karena bisa menikmati matahari terbit adalah hal terbaik yang sangat berharga yang perlu dibicarakan lebih awal. Pikirkan saja bisa menikmati manfaat obat rendam dan menyaksikan matahari terbit yang memikat harus menjadi alasan yang cukup besar untuk menarik diri dari tempat tidur!

Luangkan waktumu untuk menikmati sarapan tradisional yang sehat

Breakfast by machu at a hotel in Kusatsu Onsen
Source: Photo by Wikimedia Commons user machu. from Kusat... used under CC BY 2.0

Di sebagian besar ryokan onsen, sarapan juga termasuk dalam masa inap. Karena sarapan adalah makanan terpenting hari ini, yakinlah anda akan disajikan makanan set yang lezat dan bergizi untuk memulai hari anda. Bergantung pada bahan musiman lokal yang tersedia di kota onsen, anda mungkin menemukan berbagai jenis sashimi seafood, ikan atau tahu yang kaya akan protein untuk makanan anda. Luangkan waktu anda untuk mengunyah dan menikmati setiap sedikit makanan berlimpah sebelum anda bersiap berangkat ke tujuan berikutnya.

Belanja suvenir di menit terakhir

新鮮なわさび漬をお詰め致します (2966338089)
Source: Photo by Wikimedia Commons user César Riquelme used under CC BY-SA 2.0

Sebelum check out dari ryokan onsen, anda dapat melakukan beberapa menit-menit terakhir berbelanja di toko suvenir ryokan itu. Toko-toko seperti itu biasanya ditemukan di ryokans besar, atau anda bisa menuju ke toko favorit anda di kota onsen di mana anda dapat menikmati jalan-jalan indah setelah check-in di ryokan. Ambil omiyage atau suvenir, seperti kerajinan tangan lokal atau makanan khas, indah dibungkus kotak untuk orang yang anda cintai di rumah. Anda juga bisa membeli beberapa untuk anda sendiri untuk mengingat pengalaman lokal spesial ini di Jepang. Silakan check out sekitar jam 10 pagi, waktu check-out resmi untuk ryokan di Jepang.

Pengalaman lokal yang otentik yang sulit untuk dilupakan

Sementara bak mandi onsen adalah salah satu kegiatan wajib bagi banyak pembuat liburan di Jepang, tidak semua orang akan memperhatikan dan mengikuti apa yang dilakukan penduduk setempat saat menginap di sebuah ryokan onsen. Untuk tinggal yang lebih berarti dan mudah diingat, ikuti panduan di atas untuk pengalaman yang benar-benar lokal di ryokan onsen. Ini juga merupakan bentuk penghormatan terhadap orang lain saat anda mematuhi etiket mandi saat bersantai di onsens. Ciptakan kenangan liburan yang menyenangkan bersama dengan mempraktikkan budaya lokal. Selamat berlibur!

Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Japan
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.