30 Fakta Kuliner Australia Menarik

30 Fakta Kuliner Australia Menarik
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diperbarui
| 12 menit membaca

Melalui kolonisasi dan kedatangan imigran selama bertahun-tahun, Australia telah menjadi wadah bagi beragam budaya dan kepercayaan, termasuk dalam hal preferensi rasa dan dunia kulinernya. Inggris dan Tiongkok adalah beberapa dari banyak negara yang mempengaruhi Australia yang kita kenal sekarang.

Apa yang membuat masakan Australia menarik? Banyak makanan biasa yang berhasil diciptakan kembali oleh orang-orang Aussie dengan cara mereka sendiri. Siap menggelitik seleramu? Baca terus dan pelajari tentang dunia kuliner Australia yang akan membuatmu berkata “Let’s grab a feed, Mate!

1. Larva pemakan kayu dikonsumsi oleh penduduk asli Australia.

CSIRO ScienceImage 1135 Wood Boring Beetle Larvae
Source: Photo by Wikimedia Commons user CSIRO used under CC BY 3.0

Witchetty grub memang terdengar mewah, tetapi tahukah kamu bahwa nama ini merujuk pada larva putih besar dari ngengat pemakan kayu? Bagi penduduk asli Australia, belatung witchetty adalah bagian dari makanan tradisional mereka. Baik dimakan mentah maupun dimasak, witchetty merupakan sumber protein yang membantu pembentukan tulang dan otot tubuh. Kalau kamu bertanya-tanya tentang bagaimana rasanya, mereka bilang, rasa belatung witchetty seperti kacang dan mirip ayam dan udang. Dikenal juga dengan nama “bush tucker”, larva ini kadang-kadang disajikan di restoran kota dan bahkan dalam hidangan pembuka barbekyu.

Dikunjungi tempat ini?

2. Ada biskuit di Australia yang awalnya dibuat untuk tentara Perang Dunia I.

ANZAC biscuits
Source: Photo by Wikimedia Commons user w:pfctdayelise used under CC BY-SA 2.5

Biskuit ANZAC, kue panggang manis dan renyah dengan bahan utama gandum gulung dan kelapa kering, adalah camilan populer di kalangan penduduk Australia. Bukan rahasia lagi bahwa biskuit ini dikaitkan dengan Korps Angkatan Darat Australia dan Selandia Baru (Australian and New Zealand Army Corps) yang bertempur selama Perang Dunia I. Dari situlah nama ANZAC diambil. Kue ini pertama kali dibuat oleh para istri prajurit selama masa perang dan dikirim ke Mesir tempat pasukan berlatih. Karena bahan-bahannya tidak rapuh, biskuit ANZAC selamat dari perjalanan naik kapal dari Australia sampai ke Eropa, menyediakan makanan bagi para pejuang dan mengingatkan mereka akan rumah.

Dikunjungi tempat ini?

3. Burung hidup terbesar kedua merupakan endemik Australia, dan bisa dimakan.

30 fakta kuliner australia menarik | burung hidup terbesar kedua merupakan endemik australia, dan bisa dimakan.
Source: Pixabay

Penduduk asli Australia memang suka makan makanan sehat. Rupanya, penduduk asli Australialah yang pertama kali mengkonsumsi emu, burung terbesar kedua di dunia setelah burung unta. Secara tradisional, penduduk berburu emu untuk mendapatkan daging dan juga minyaknya, yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Emu sangat rendah lemak dan kolesterol, serta mengandung lebih banyak zat besi dibandingkan dengan daging sapi. Hari ini, daging emu tersedia di banyak restoran modern dan disajikan dalam berbagai cara: diasapi, dipanggang, digoreng, ditumis, dan bahkan sebagai topping pizza!

Dikunjungi tempat ini?

4. Makanan Australia yang paling dasar adalah roti soda yang disebut damper.

Damper (food)
Source: Photo by Wikimedia Commons user Nachoman-au used under CC BY-SA 3.0

Bicara soal asal-usul dan cerita makanan, damper, jenis roti paling umum di Australia, diciptakan oleh pekerja jalanan bertahun-tahun yang lalu. Makanan ini hanya terbuat dari tiga bahan, tepung gandum, air, dan garam, yang dipanggang di atas arang. Karena tidak memerlukan biaya banyak dan cukup mudah untuk dibuat, damper telah menjadi makanan pokok bagi para pekerja. sampai hari ini, kamu masih bisa menemukan damper di Australia, kadang-kadang dimasak oleh penduduk setempat di rumah mereka sendiri atau dijual di toko roti modern dengan menambahkan susu dan tepung terigu untuk membuatnya lebih enak. Tip: damper paling enak dinikmati bersama teh atau rum!

Dikunjungi tempat ini?

5. Biskuit sarapan terkenal di Australia sejak tahun 1930-an.

The Most Important Meal of the Day
Source: Photo by user blairwang used under CC BY 2.0

Weet-Bix, merek biskuit sereal sarapan dari Australia, merupakan nama keluarga di Australia sejak tahun 1930-an. Karena rasanya yang manis, produk ini menggugah selera anak-anak di Australia dan juga di Selandia Baru dan Afrika Selatan. Weet-Bix biasanya dimakan dalam mangkuk dengan susu dan buah-buahan seperti pisang atau stroberi. Ada juga cara baru mengonsumsi Weet-bix yang ditemukan Australia, tidak hanya untuk sarapan tetapi juga untuk hidangan penutup. Kamu bisa menambahkannya ke smoothie, muffin, dan kue!

Dikunjungi tempat ini?

6. Lamington adalah "Kue Nasional Australia".

Lamingtons and a cup of tea
Source: Photo by Wikimedia Commons user Coastal.culture.v... used under CC BY-SA 4.0

Perayaan Hari Australia pada tanggal 26 Januari setiap tahun, tidak lengkap tanpa lamington di atas meja. Sering disebut sebagai “Kue Nasional Australia”, kue ini terbuat dari kue bolu dengan cokelat dan kelapa kering. Untuk membuatnya lebih istimewa, lapisan selai atau krim dioleskan di tengah dua bagian lamington. Sekarang ini, kamu bisa menemukan lamington di banyak kafe dan toko roti, dan sering dihidangkan bersama kopi atau teh. Makanan ini juga merupakan salah satu item makanan paling populer yang dijual di acara pengumpulan dana.

Dikunjungi tempat ini?

7. Jahe telah menjadi bagian penting dari kuliner Australia sejak tahun 1800-an.

30 fakta kuliner australia menarik | jahe telah menjadi bagian penting dari kuliner australia sejak tahun 1800-an.
Source: Pixabay

Berkat pendatang dari Tiongkok di zaman dulu yang mulai menanam jahe di negara ini, rempah-rempah populer ini telah menambah warna dalam kuliner Australia. Jahe sangat berlimpah di Queensland, di mana tersedia tanah vulkanik, curah hujan tinggi, dan kelembaban tinggi. Di pertengahan tahun 1800-an, berbagai produk jahe menjadi populer dan menyebar ke pasar-pasar di negara ini. Produk-produknya termasuk kue jahe, selai jahe, dan bahkan bir jahe. Setelah Perang Dunia II, ketika orang Australia berhenti mengandalkan jahe yang ditanam penduduk Tionghoa, produsen jahe Australia yang disebut Buderim Ginger Company menjadi populer.

Dikunjungi tempat ini?

8. Sosis disebut "snags" di Australia.

30 fakta kuliner australia menarik | sosis disebut "snags" di australia.
Source: Pixabay

Meskipun sosis tidak unik di Australia, penduduk setempat menjadikannya bagian penting dari tradisi barbekyu mereka selama bertahun-tahun. Mereka menyebut sosis dengan nama snags, yang terbuat dari daging babi atau sapi dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah agar rasanya lebih enak. Selain snags panggang, cara lain untuk memakannya adalah dengan sepotong roti yang ditaburi bawang goreng dan saus. Dijual di mana-mana di Australia, snags direkomendasikan sebagai makanan saat hangover dan sering disajikan dengan sebotol soda.

Dikunjungi tempat ini?

9. Pavlova, hidangan penutup Australia yang terkenal, konon namanya berasal dari balerina Rusia.

30 fakta kuliner australia menarik | pavlova, hidangan penutup australia yang terkenal, konon namanya berasal dari balerina rusia.
Source: Pixabay

Saat liburan di Australia, kamu yang suka manis harus coba makan pavlova. Makanan ini terbuat dari meringue dengan kerak renyah dan lapisan dalam yang lembut. Ditaburi dengan whipped cream dan buah-buahan segar, makanan penutup ini biasanya dikaitkan dengan musim panas, tetapi sekarang banyak tersedia di restoran dan toko makanan setiap saat sepanjang tahun. Mesipun Selandia Baru mengklaim bahwa pavlova berasal dari negara mereka, ada legenda populer Australia yang mengatakan bahwa hidangan penutup ini dibuat oleh koki dari Hotel Esplanade di Perth. Namanya diambil dari seorang balerina Rusia Anna Pavlova yang mengunjungi Australia pada tahun 1926 dan 1929.

Dikunjungi tempat ini?

10. Sekitar 35 juta bungkus Tim Tam dijual setiap tahun.

Tim Tams
Source: Photo by Wikimedia Commons user Bilby used under CC BY-SA 3.0

Dengan popularitas Tim Tam di Australia, bisa dikatakan orang-orang di sana sangat suka makanan manis. Produk buatan Australia ini terdiri dari tiga lapisan cokelat: biskuit cokelat, isian cokelat, dan dilapisi cokelat leleh. Produsen Tim Tam mengatakan bahwa sekitar 35 juta bungkus dijual setiap tahunnya, yang berarti rata-rata 1,7 bungkus dikonsumsi setiap orang di Australia. Cinta untuk Tim Tam telah menyebar ke seluruh dunia, menjadikannya barang umum di supermarket dan toko bahan makanan.

Dikunjungi tempat ini?

11. Dagwood Dog adalah istilah Australia untuk Corn Dog.

So I says to the dog woman - "Why is is called a Dagwood dog?" and she replied " because it's on a stick." " Dagwood dogs come on a stick, Hot dogs come in a bun"  Oh.
Source: Photo by user Rob and Stephanie... used under CC BY 2.0

Kalau di Amerika ada corn dog, di Australia ada dagwood dog. Makanan ringan yang populer ini terbuat dari sosis atau hotdog yang ditusuk dengan tongkat, yang dilapisi dengan adonan tepung jagung dan kemudian digoreng. Baik disajikan dengan saus tomat maupun tidak, makanan ini populer di kalangan anak-anak Australia dan juga yang berjiwa muda. Dikenal juga nama “pluto pup”, makanan ini biasanya dijual di gerobak makanan selama festival dan acara olahraga. Variasi lain disajikan dengan keju leleh di dalamnya.

Dikunjungi tempat ini?

12. Di Australia ada yang disebut biskuit amal.

SAO crackers
Source: Photo by Wikimedia Commons user Canley used under CC BY-SA 3.0

Ini dia salah satu biskuit yang terkenal di Australia! Awalnya, SAO dibuat sebagai biskuit amal oleh Petugas Bala Keselamatan. Biskuit ini adalah camilan gurih ringan yang terbuat dari adonan tipis yang dipotong kotak-kotak dan kadang disajikan dengan topping atau olesan. Pada tahun 1900-an, biskuit ini menjadi produk komersial, banyak diiklankan di majalah dan surat kabar. Saat ini, SAO telah menjadi bahan populer untuk hidangan penutup yang disebut “Vanilla Slices”.

Dikunjungi tempat ini?

13. Parmigiana hidangan Italia versi Australia biasanya disajikan dengan bir.

Chicken Parmigiana
Source: Photo by user Patrick Quinn-Graham used under CC BY 2.0

Parmigiana versi Italia menggunakan terong sebagai bahan utamanya. Di Australia, parmigiana atau parma adalah hidangan ayam panggang yang ditaburi banyak saus tomat dan mozzarella atau keju jenis lainnya. Di restoran, hidangan ini disajikan dengan hidangan sampingan seperti keripik dan salad. Namun, kalau kamu bertanya kepada orang Australia apa pelengkap parma yang terbaik, mereka pasti akan menjawab: segelas bir. Karena popularitas pasangan ini, banyak pub lokal mengadakan ‘malam parma’ mingguan.

Dikunjungi tempat ini?

14. Makanan "bungkus" pertama di Australia adalah pai daging.

makanan "bungkus" pertama di australia adalah pai daging.
Source: Pixabay

Orang Australia tidak mengklaim sebagai pencipta pai daging, tetapi satu hal yang pasti: ini adalah makanan yang bisa dibungkus dan dibawa pulang pertama, jauh sebelum rantai makanan cepat saji hadir di negara ini. Pai daging menjadi populer di Australia pada masa kolonial awal dan dijual di gerobak jalanan. Kadang-kadang dikenal dengan nama “dog’s eye” pada dasarnya hidangan ini merupakan kulit pastri yang diisi dengan daging, saus, dan bahan-bahan gurih lainnya. Orang-orang Australia sangat suka pai daging, sampai-sampai diadakan Kompetisi Great Aussie Pie Resmi, sebuah acara nasional yang diadakan sejak tahun 1990. Sementara itu, gerobak pai tertua yang masih ada di Australia adalah Harry’s Café de Wheels yang berlokasi di Sydney.

Dikunjungi tempat ini?

15. Roti peri tidak dibuat oleh peri, tetapi dari permen.

Fairy Bread
Source: Photo by Wikimedia Commons user Gemsling used under PUBLIC DOMAIN

Menu andalan dalam pesta ulang tahun anak-anak Aussie, roti peri tidak benar-benar dibuat oleh peri tetapi tetap ajaib di mata anak-anak. Makanan ini terbuat dari roti putih yang diiris segitiga dengan mentega atau margarin di atasnya dan kemudian dihujani dengan taburan permen sebanyak “ratusan dan ribuan”. Kalau kamu perlu menghibur seorang teman Australia atau mengingatkannya pada masa lalu yang indah, menghidangkan roti ini adalah salah satu cara terbaik! Sementara, kalau kamu datang ke Sydney pada bulan November, jangan lewatkan acara yang disebut Fairy Bread and Wings Day di mana banyak keluarga berkumpul dan membuat roti peri pada saat yang sama.

Dikunjungi tempat ini?

16. Vegemite tidak sepenuhnya terbuat dari sayuran, tetapi dari ekstrak ragi.

Breakfast
Source: Photo by user Adam used under CC BY-SA 2.0

Inilah ikon makanan Australia lainnya: Vegemite! Pasta makanan berwarna cokelat gelap ini dibuat dari ekstrak ragi yang dikombinasikan dengan berbagai aditif yang ditemukan pada tahun 1922 oleh Cyril P. Callister. Inggris memiliki produk serupa yang disebut Marmite, yang terbuat dari ekstrak sayuran. Namun, Vegemite mengklaim memiliki rasa yang berbeda, lebih gurih daripada manis. Kalau kamu ingin menikmati rasa pasta makanan paling terkenal di Australia, yang harus kamu lakukan adalah mengoleskannya secara merata di atas roti bakar saat masih panas.

Dikunjungi tempat ini?

17. Warga Australia memiliki versi lumpia Tiongkok mereka sendiri.

Will holding chiko
Source: Photo by Wikimedia Commons user Gillbates55 used under CC BY-SA 4.0

Chiko roll adalah salah satu makanan yang bisa dibawa pulang dan paling populer di Australia zaman modern. Makanan ini dipengaruhi oleh lumpia Tiongkok. Satu gulungan terdiri dari adonan telur dan tepung yang diisi dengan daging sapi, kol, wortel, seledri, dan rempah-rempah lainnya. Tergantung pada penjualnya, terkadang juga berisi jeroan. Diciptakan oleh Frank McEnroe pada tahun 1951, makanan ini pertama kali dinamakan “Chicken Roll” meskipun tidak mengandung ayam. Saat ini, roti chiko dijual di mana-mana di Australia, termasuk toko-toko keripik ikan dan gerobak camilan di acara olahraga.

Dikunjungi tempat ini?

18. Burger Australia tidak lengkap tanpa sepotong bit.

burger australia tidak lengkap tanpa sepotong bit.
Source: Pixabay

Apa yang membuat burger Australia berbeda dari burger lainnya di dunia? Satu kata: bit. Ini adalah akar tunggang dari tanaman bit, yang dikenal di negara lain dengan nama bit merah, bit emas, dan bit taman. Cukup diiris dan diletakkan di atas patty daging sapi Australia, sayuran bergizi ini membuat semuanya berbeda. Setiap tahun, McDonald di Australia menjual burger bit versi mereka sendiri yang mereka sebut “McOz”. Namun, tempat terbaik untuk menikmati burger Aussie otentik ini adalah di pub lokal atau restoran take-away.

Dikunjungi tempat ini?

19. Orang Australia menyebut nama "McDonald" dengan "Macca's".

Big Mac hamburger - Australia
Source: Photo by Wikimedia Commons user Matilda used under CC BY-SA 2.5

Berbicara soal McDonald, orang Australia telah menjadi pelanggan setia rantai makanan cepat saji Amerika ini sejak toko pertamanya dibangun pada tahun 1971 di Sydney. Saat ini, penduduk setempat dengan senang hati menyebutnya dengan nama “Macca’s”, nama panggilan Australia yang telah diadopsi dalam nama outlet dan iklan McDonald di seluruh Australia. Selain McOz, item makanan unik lainnya yang ada di Macca’s adalah Chicken Mcbites, Classic Angus, dan Aussie BBQ Angus. Kalau kamu suka kue kering, disediakan juga makaron dan muffin bersama kopi!

Dikunjungi tempat ini?

20. Labu dibawa ke Australia oleh orang Eropa selama masa kolonisasi.

labu dibawa ke australia oleh orang eropa selama masa kolonisasi.
Source: Pixabay

Selama masa kolonial, orang Eropa menanam tanaman rambat cucurbit di beberapa kawasan Australia, meninggalkan produk seperti melon, mentimun, dan labu. Biji labu datang bersama Armada Pertama, dan pada awalnya dikirim untuk memberi makan hewan ternak seperti babi. Kemudian, cucurbit menjadi bagian populer dari masakan lokal. Beberapa hidangan labu Australia terbaik yang bisa kamu temukan hari ini adalah sup labu, panekuk labu, dan scone labu. Ada juga festival labu yang diadakan di negara ini setiap tahun, menampilkan resep baru dengan bahan utama labu.

Dikunjungi tempat ini?

21. Cokelat tertua Australia adalah Cherry Ripe.

Cherry-Ripe-Split
Source: Photo by Wikimedia Commons user Evan-Amos used under CC0

Diproduksi oleh Cadbury, Cherry Ripe pertama kali diperkenalkan di Australia pada tahun 1920-an. Cherry Ripe terdiri dari ceri dan kelapa yang dilapisi dengan cokelat hitam yang lezat. Kamu bisa memakannya langsung, tetapi kalau kamu mau ekstra kreatif dengan makanan penutup, kamu bisa membuat kue brownies Cherry Ripe, kue keju Cherry Ripe, atau Cherry Ripe Panforte. Dijual di toko bahan makanan dan supermarket, cokelat batangan ini tetap menjadi jajanan klasik favorit khas Australia!

Dikunjungi tempat ini?

22. Es krim Australia yang tidak konvensional dilapisi es rasa buah.

Rainbow of organic ice pops
Source: Photo by Flickr user Jennifer Chait used under CC BY-SA 2.0

Di musim panas, orang Australia senang pergi ke pantai dan makan “Splice”. Makanan dingin ini adalah salah satu dari jajanan Aussie yang tidak konvensional, dengan es krim vanilla di dalam es rasa buah. Splice diluncurkan pada tahun 1950-an dan sejak itu menjadi bagian penting dari musim panas penduduk Australia. Saat ini ditawarkan tiga rasa populer, yaitu Pine Lime, Raspberry, dan Mango.

Dikunjungi tempat ini?

23. Milo, minuman bubuk cokelat dan malt, ditemukan oleh orang Australia.

Australian milo
Source: Photo by Wikimedia Commons user Monkeyblu used under CC BY-SA 3.0

Banyak anak-anak Australia tumbuh dewasa dengan meminum Milo, minuman cokelat dan bubuk malt yang dicampur dengan air dingin atau panas. Minuman ini dibuat oleh Thomas Mayne pada tahun 1934 dan sekarang diproduksi oleh Nestle. Saat ini, produk ini dijual di seluruh Asia, Afrika Selatan, dan bahkan di beberapa bagian Eropa, walaupun komposisi dan rasanya berbeda di beberapa negara. Dari minuman sederhana, produk-produk Milo lainnya telah diciptakan untuk memuaskan hasrat anak-anak yang suka Milo, seperti snack bar Milo, sereal, dan es krim.

Dikunjungi tempat ini?

24. Mantan Perdana Menteri Australia menyebut Iced VoVo dalam pidato kemenangan pemilu.

Drey loves iced vovos
Source: Photo by user Jaymis Loveday used under CC BY 2.0

Kamu tahu betapa ikoniknya sesuatu kalau Perdana Menteri saja menyebutkannya dalam acara publik besar-besaran. Pada tahun 2007, mantan Perdana Menteri Kevin Rudd menyebut Iced VoVo dalam pidato kemenangannya. Orang-orang Australia langsung berbondong ke supermarket terdekat, mengidam rasa biskuit tepung terigu dengan fondant merah muda dan selai raspberry. Arnott, perusahaan yang memproduksi Iced VoVos melaporkan bahwa penjualan mereka meroket tahun itu, berkat iklan gratis dari Perdana Menteri!

Dikunjungi tempat ini?

25. "Golden Gaytime" adalah produk makanan yang benar-benar ada.

Golden Gaytime
Source: Photo by user Johnny Jet used under CC BY 2.0

Golden Gaytimes adalah produk makanan yang akan kamu temukan di supermarket Australia. Pertama kali dirilis pada tahun 1959, terbuat dari es krim toffee dan vanilla yang dilapisi dengan biskuit cokelat dan madu. Nama es krimnya telah membuat banyak orang kebingungan dan juga banyak kontroversi, tetapi produsen memutuskan untuk mempertahankannya bersama dengan slogan resmi mereka: “It’s hard to have a Gaytime on your own”.

Dikunjungi tempat ini?

26. "Long black" dan “flat white” adalah variasi kopi Australia.

"long black" dan “flat white” adalah variasi kopi australia.
Source: Pixabay

Australia punya leksikon kopi sendiri yang mungkin tidak asing bagi wisatawan. Kalau kamu seorang pecinta kopi, lakukan riset terlebih dahulu sebelum memesan di kafe Australia. Beberapa variasi kopi paling dasar yang harus kamu ketahui adalah long black dan flat white. Long black Australia mirip dengan Americano, tetapi dengan rasa yang lebih kuat dan terbuat dari double espresso shot dalam air panas. Sementara itu, flat white terdiri dari susu steamed di atas satu gelas espresso. Biasanya disamakan dengan cafe au lait Perancis.

Dikunjungi tempat ini?

27. Ketika orang Australia berkata "throw a barbie" artinya mereka mengadakan pesta barbekyu.

ketika orang australia berkata "throw a barbie" artinya mereka mengadakan pesta barbekyu.
Source: Pixabay

Jangan kaget ketika orang Australia mengajakmu untuk “throw a barbie” karena ini merupakan istilah sehari-hari yang digunakan oleh orang Australia, yang mengacu pada pesta barbekyu lokal. Selama bertahun-tahun, pesta barbekyu akhir pekan telah menjadi tradisi penting dalam budaya kuliner Australia, mendekatkan keluarga dan teman-teman. Acara ini tidak perlu menunggu hari libur, karena mereka biasa mengadakannya setiap saat!

Dikunjungi tempat ini?

28. Orang Australia memiliki metode tradisional dalam menyiapkan teh.

Billy Tea
Source: Photo by user Johan Larsson used under CC BY 2.0

Waktu minum teh mungkin umum di kalangan orang Inggris, tetapi orang Australia memiliki metode berbeda dalam menyiapkan tehnya. Secara lokal disebut billy tea, air yang digunakan untuk teh direbus di atas api unggun. Untuk menambah rasa, daun gum ditambahkan ke teh setelah dituangkan ke dalam cangkir. Teh Billy adalah minuman populer selama masa kolonial Australia. Teh ini bahkan disebutkan dalam lagu rakyat Australia berjudul “Waltzing Matilda”.

Dikunjungi tempat ini?

29. Australia adalah pengekspor wine terbesar keempat di dunia.

australia adalah pengekspor wine terbesar keempat di dunia.
Source: Pixabay

Australia adalah pengekspor wine terbesar keempat di dunia. Sekitar 760 juta liter wine Australia dikirim ke luar negeri setiap tahunnya. Bayangkan berapa banyak botol wine itu! Tentu saja, orang Australia juga menyukai varietas wine mereka sendiri. Faktanya, konsumsi wine lokal di Australia mencapai 500 juta liter per tahun sejak awal abad ke-21. Beberapa wine terbaik Australia berasal dari daerah Australia Barat, Australia Selatan, Victoria, dan New South Wales. Sementara itu, Adelaide Hills, yang terkenal dengan produksi wine-nya, juga merupakan tujuan wisata terkenal.

Dikunjungi tempat ini?

30. Ya, di Australia, kanguru bisa dimakan.

Kangaroo at Grazing restaurant, Gundaroo
Source: Photo by user Gavin Tapp used under CC BY 2.0

Kalau kamu selama ini bertanya-tanya: ya, hewan nasional Australia ini bisa dimakan dan, pada kenyataannya, tersedia di seluruh negeri. Kanguru tidak dimakan oleh orang Australia setiap hari tetapi masih merupakan bagian penting dari apa yang membuat masakan lokal mereka unik. Dijual dalam berbagai potongan dan bahkan dalam bentuk sosis, daging kangguru bebas metana dan rendah lemak. Restoran khusus juga menawarkan hidangan kanguru seperti kanguru masak, kanguru panggang, dan steak kanguru. Jangan meninggalkan Australia tanpa mencicipinya!

Dikunjungi tempat ini?

Rasakan cita rasa makanan khas Australia

Meskipun kelihatannya aneh, kuliner Australia patut dicoba. Aneka hidangannya akan memuaskan selera dan keingintahuanmu akan sejarah negara yang menarik.

Dikunjungi tempat ini?
Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Australia
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.