10 Lokasi Pemandangan Indah Di Nikko, Jepang

10 Lokasi Pemandangan Indah Di Nikko, Jepang
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diperbarui
| 8 menit membaca

Terdaftar sebagai Situs Peninggalan Dunia UNESCO, Nikko adalah sarangnya keindahan alam dan tempat peribadatan yang menawarkan kesempatan bagi turis untuk mendalami sejarah Jepang. Di daerah pegunungan di utara kota Tokyo terdapat tempat-tempat peribadatan bersejarah yang terkenal dengan desain arsitekturalnya yang unik dan langka di Jepang. Pemandangan indah di Nikko, tempat bersejarah, danau dan ladang hijau di sekelilingnya tidak boleh kamu lewatkan saat liburan ke Jepang. Nikko memang terkenal dengan ragam warna merah dan jingganya, warna musim gugur, tetapi kota ini tetap indah dikunjungi pada musim apapun dengan banyaknya festival yang diselenggarakan sepanjang tahun termasuk festival samurai terbesar di Jepang. Tidak diragukan lagi, Nikko adalah tujuan wisata ideal untuk liburan santai penuh kedamaian.

1. Jembatan ke masa lalu: Shinkyo Bridge


Mungkin kamu pernah dengar istilah “stairway to heaven”. Yang ini adalah “sacred bridge to history” atau jembatan sakral menuju sejarah. Menandai awal perjalanan berserajah, Shinkyo Bridge bisa disebut sebagai pintu masuk ke tempat-tempat peribadatan di Nikko. Salah satu jembatan terbaik di Jepang ini bisa kamu jadikan tonggak awal petualanganmu.

Menurut legenda, sungai yang mengalir di bawah jembatan ini dulunya sangat kuat dan berbahaya bagi mereka yang ingin menyebrang, termasuk Saint Shodo. Kemudian, beliau meminta bantuan Tuhan untuk membantunya meneruskan perjalanan dan dikirimkanlah dua ekor ular yang berubah menjadi jembatan seketika! Legenda ini menandakan peran penting Shinkyo Bridge sebagai shintai yang dalam agama Shinto merupakan tempat bernaungnya sesuatu yang diagungkan dan berubah menjadi wujud fisik untuk kebutuhan penganut agamanya. Bahkan di awal perjalananmu, kamu sudah dapat merasakan nuansa religius kota Nikko!

Shinkyo Bridge

Area: Kota Nikko

Harga: 300 JPY (40.000 IDR)

Jam Buka: 8 pagi sampai 5 sore. Tutup di hari libur nasional.

Akses: naik bis dari Stasiun JR atau Tobu Nikko

Kontak: +81 288-54-2496

Website

Dikunjungi tempat ini?

2. Situs Peninggalan UNESCO: Rinnoji Temple


Kompleks bersejarah yang dibanggakan di Jepang, Rinnoji menjadi rumah bagi 15 tempat peribadatan Buddha. Bahkan dulunya terdapat 500 tempat peribadatan kecil lainnya di kawasan ini. Rinnoji dikenal sebagai tempat biksu-biksu bertapa di pegunungan. Tempat ini juga menawarkan kedamaian dikelilingi patung-patung menarik dan pemandangan indah.

Salah satu yang terkenal adalah Three-Buddha Hall, aula tempat tiga patung Buddha besar berlapis emas. Masing-masing patung bernama Amida Buddha, Senju-Kannon, dan Bato-Kannon. Ketiganya dipercaya sebagai perwujudan Buddha pada tiga dewa gunung di Nikko. Selain pemandangan indah patung-patung emas ini, terdapat juga taman meditasi cantik yang mengelilingi kompleks ini. Taman ini dipenuhi dengan bunga-bunga dan pepohonan serta kolam ikan mas. Kamu juga bisa mengunjungi pagoda tiga tingkat dan duduk-duduk di bangku taman. Rinnoji Temple sangat layak untuk kamu kunjungi saat ingin menjauh dari kebisingan kota.

Rinnoji Temple

Alamat: 2300, Sannnai, Kota Nikko, Tochigi

Harga: 300 ~ 400 JPY (40.000 - 53.000 IDR) (berbeda-beda untuk masing-masing tempat peribadatan)

Jam Buka: 9 pagi - 6 sore. Tutup di hari libur nasional.

Akses: naik bis dari Stasiun JR atau Tobu Nikko

Kontak: +81 288-54-0531

Dikunjungi tempat ini?

3. Trekking di jalan hijau terpanjang di dunia: Nikko Cedar Avenue


Sebagai bentuk pujian atas dibangunnya Toshogu Shrine yang menakjubkan, jenderal mendiang Ieyasu, Masatsuna Matsudaira, mulai menanam pohon cedar di sepanjang jalan menuju tempat peribadatan megah tersebut. Ini adalah bentuk kesetiaan sang jenderal kepada pemimpinnya. Beliau terus menanam pohon-pohon selama lebih dari 20 tahun. Hasilnya, lebih dari 200 pohon berdiri di sepanjang jalan menuju Toshogu Shrine. Selama masa Edo, jalan ini terus dirawat.

Dengan total panjang 37 kilometer (23 mil), jalan ini dijadikan monumen alam khusus dan masuk ke dalam Buku Rekor Dunia Guinness sebagai jalan pepohonan terpanjang di dunia. Wisatawan tidak disarankan untuk menelusuri jalan ini dari ujung ke ujung, tetapi kamu bisa memilih jalur-jalur tertentu. Kamu bisa memilih untuk mendaki dari Stasiun Imaichi ke Toshogu Shrine, sekitar 8 kilometer (5 mil), atau rute lain yang lebih pendek menuju tempat wisata lainnya. Di sepanjang jalan ini juga terdapat plakat-plakat berisi informasi bersejarah. Kita semua butuh pemandangan indah hijau dalam hidup kita, jadi jangan lupa untuk mengunjungi jalan ini!

Nikko Cedar Avenue

Area: Segawa, Kota Nikko, Tochigi

Akses: dari Stasiun JR Imaichi atau Tobu Line Shimo Imaichi

Kontak: +81 288-21-5611

Dikunjungi tempat ini?

4. Ungkap misteri Patung Jizo di Kanmangafuchi Abyss


Tidak jauh dari Sungai Daiya, kamu akan sampai di jurang bernama Kanmangafuchi Abyss. Terbentuk dari erupsi Gunung Nantai, kamu bisa menikmati jalan santai di pinggir sungai di sini. Selain bunga-bunga cantik di tepian sungai, tempat ini menyimpan misteri yang lebih besar.

Di sepanjang jalur, kamu akan menemukan patung-patung Jizo yang diberi nama “Bakejizo” atau hantu jizo karena jumlahnya yang selalu berubah! Konon, setiap kali kamu mencoba menghitung patung-patung ini, jumlahnya tidak pernah sama karena ulah hantu jizo. Inilah misteri yang harus kamu pecahkan sendiri! Selain itu, Jizo dulunya adalah seorang Bodhisattva yang merawat orang-orang yang telah meninggal dunia. Dia membangun patung-patung ini untuk menemani arwah-arwah tersebut. Legenda dan kisah ini mungkin menyeramkan, tetapi tempat ini tetap merupakan tempat wisata terkenal karena keunikannya. Di sini juga terdapat prasasti-prasasti yang diukir oleh Kukai terkenal yang dikenal dengan nama “Kobo Daishi”. Beliau dikenal sebagai Guru Agung dalam ajaran agama Buddha.

Kanmangafuchi Abyss

Area: Kota Nikko, Tochigi

Akses: naik bus dari Stasiun JR atau Tobu Nikko

Dikunjungi tempat ini?

5. Hitung alfabet Jepang dengan Iroha Slope


Iroha Slope adalah dua jalan raya yang menghubungkan daerah landai di dekat Nikko dan daerah tinggi pegunungan. Kawasan ini pernah ditampilkan di program anime terkenal, “Initial D”. Terdiri dari 48 tikungan tajam melewati tanjakan dan turunan yang berbeda-beda, Iroha Slope terkenal sebagai tempat untuk menikmati pemandangan indah musim gugur. “Iroha” adalah tiga suku kata pertama dari 48 suku kata bahasa Jepang kuno. Jumlah yang sama dengan jumlah tikungan di sini. Karena itu, setiap tikungan diberi nama berdasarkan alfabet Jepang tersebut.

Kawasan ini memang bukan tempat bersejarah, tetapi tetap menjadi tujuan wisata terkenal terutama di musim semi. Warna-warna merah dan jingga di bulan Oktober sampai November mengundang banyak wisawatan dan kadang menyebabkan kemacetan. Jadi, kami sarankan untuk tidak mengunjungi tempat ini di hari libur atau akhir pekan. Tempat ini tetap indah untuk dikunjungi di waktu lain selain musim gugur.

Iroha Slope

Area: Rute 120 di antara pusat kota Nikko dan Danau Chuzenji.

Akses: naik bis dari Stasiun Tobu atau JR Nikko

Dikunjungi tempat ini?

6. Naik perahu di danau terindah di Jepang: Lake Chuzenji

中禅寺湖から男体山 03
Source: Photo by Wikimedia Commons user くろふね used under CC BY-SA 4.0

Asingkan diri ke dalam hutan dan keindahan alam Jepang saat menjelajahi kawasan-kawasan pedalaman Nikko. Dikelilingi oleh pegunungan dan air terjun, Danau Chuzenji adalah salah satu lokasi pemandangan indah yang paling bagus di Nikko. Kamu dapat melihat Gunung Nantai, gunung berapi setinggi 2.486 meter (8.156 kaki), dari sini. Selain duduk santai di tepian danau, kamu juga bisa naik perahu yang akan membawamu ke tempat-tempat lain yang lebih indah.

Keindahan tempat ini dihiasi rumah-rumah cantik milik duta besar perwakilan negara Italia, Perancis, dan Belgia. Saking besarnya danau ini, area ini tetap dingin bahkan saat musim panas. Cocok untuk dijadikan tujuan wisata saat panas menyengat kota Tokyo. Perpaduan alam dan permukiman cantik ditambah dengan iklim sejuk dan pemandangan indah, kamu akan merasa senang berada di sini.

Lake Chuzenji

Area: Chugushi, Kota Nikko, Tochigi

Akses: naik bis dari Stasiun Tobu atau JR Nikko

Dikunjungi tempat ini?

7. Tenggelam dalam keindahan air terjun Jepang: Kegon Falls


Nikko tidak pernah kekurangan air terjun. Kegon Falls memiliki reputasi air terjun paling terkenal ketiga di seluruh Jepang. Berdiri setinggi 100 meter (328 kaki), air terjun ini dilengkapi dua tempat observasi untuk pengunjung. Satu tempat observasi tidak memungut biaya dan mudah dijangkau dengan berjalan kaki. Tempat observasi lainnya, yang terletak di kaki air terjun, memungut biaya tiket masuk tetapi menjanjikan pemandangan indah Kegon Falls yang megah.

Keindahan air terjun ini berbeda-beda setiap musimnya karena warna dan suasanya yang silih berganti. Mulai dari merah terang di musim gugur sampai ke putih dingin di musim salju, Kegon Falls akan selalu membuatmu takjub. Fitur unik ini adalah alasan utama air terjun ini menjadi salah satu yang terbaik di Jepang.

Kegon Falls

Alamat: Kota Nikko, Tochigi

Harga: 550 JPY (73.000 IDR)

Jam Buka: 8 pagi - 5 sore

Akses: jalan singkat dari terminal bis Chusenjiko Onsen

Kontak: +81 288-54-2496

Website

Dikunjungi tempat ini?

8. Jadi saksi kedamaian naga agung di Ryuzu Waterfall


Tidak jauh dari Kegon Falls, Ryuzu Waterfall menawarkan keindahan dan pesonanya sendiri. Berdiri setinggi 210 meter (688 kaki), air terjun ini mencuat dari anak tangga berbatu sehingga bentuknya mirip seperti kepala naga. Karena itulah air terjun ini disebut “Ryuzu”. Pemandangan indah di sekitar air terjun ini dihiasi dedaunan dan pepohonan yang menyerupai sisik di badan naga. Saat mengunjungi air terjun ini, kamu seakan masuk ke kandang naga.

Ryuzu Waterfall dilengkapi tempat observasi kecil di dekat rumah peristirahatan. Di sini, kamu bisa menikmati indanya pemandangan sambil beristirahat dari petualangan di kawasan ini. Kamu juga bisa coba naik ke dataran yang lebih tinggi untuk menikmati pemandangan yang lebih spektakuler. Tapi kami sarankan untuk berhati-hati karena jalan menuju ke sana cukup menantang.

Ryuzu Waterfall

Area: Chugushi, Kota Nikko, Tochigi

Akses: naik bis dari Stasiun Tobu atau JR Nikko

Kontak: +81 288-22-1525

Dikunjungi tempat ini?

9. Keindahan alam Senjogahara Marshlands : “Lord of the Rings” ala Jepang


“Senjogara” dalam bahasa Jepang artinya medan perang. Nama ini terinspirasi oleh mitos medan perang yang menurut legenda adalah tempat dewa-dewa Gunung Nantai dan Gunung Akagi bertempur untuk memperebutkan danau-danau sekitar. Silih berganti, mereka menjelma menjadi ular dan lipan yang terus bertarung dan akhirnya membentuk tanah rawa ini. Medan perang tersebut telah berubah menjadi medan pemandangan indah dengan berbagai tanaman dan hewan tinggal di dalamnya.

Jalanan kayu di sekitar area ini melengkapi suasana damai yang ditawarkan tempat ini. Jalan di sekitar jalur pendakian untuk lebih dekat lagi dengan tanaman dan burung-burung di sini. Atau kunjungi tempat observasi untuk melihat pemandangan rawa dari jauh. Manapun pilihanmu, kamu tetap akan dibuat takjub!

Senjogahara Marshlands

Area: Chugushi, Kota Nikko, Tochigi

Akses: naik bis dari Stasiun Tobu atau JR Nikko

Dikunjungi tempat ini?

10. "Berburu hewan" di Toshogu Shrine


Didedikasikan untuk Ieyasu yang mendirikan dinasti kuat Tokugawa Shogunate, tempat peribadatan ini merupakan tujuan wisata utama di Nikko. Agar tempat ini layak dipersembahkan untuk mendiang Ieyasu,15.000 pengrajin dikerahkan untuk membangun tempat ini selama lebih dari dua tahun. Selain itu, 2,5 juta lembar emas juga digunakan dalam proses pembangunan tersebut. Tempat peribadatan yang megah dan menakjubkan ini selalu dijaga kelestariannya. Procession of the Thousand Warriors dilaksanakan dua kali dalam setahun untuk mengabadikan semangat Ieyasu lewat peringatan ini.

Mengingat begitu banyaknya emas yang digunakan, tempat ini berbeda dari tempat peribadatan lainnya. Warna emas yang indah menghiasi ukiran burung-burung, bunga, gadis penari, dan orang-orang bijak. Ukiran-ukiran ini dipercaya sebagai simbol kedamaian, dan di antaranya kamu bisa menemukan “Three Wise Monkeys” yang terkenal dengan ungkapan “see no evil, speak no evil, hear no evil”. Ada banyak ukiran penting lainnya seperti kucing tidur atau gajah unik yang akan membuatmu terpukau dengan pemandangan indah tempat ini. Dilengkapi dengan pagoda lima lantai dan perpustakaan Buddha, Toshogu Shrine tidak boleh kamu lewatkan!

Toshogu Shrine

Alamat: 2301 Sannai, Kota Nikko, Tochigi

Harga: 1.300 JPY (172.000 IDR)

Jam Buka: 8 pagi - 5 sore

Akses: 10 menit naik bus dari Stasiun Tobu dan JR Nikko

Kontak: +81 288-54-0560

Website

Dikunjungi tempat ini?

Puaskan diri dengan pemandangan indah di Nikko, Jepang

Itu dia 10 lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan indah yang fotogenik di Nikko! Tempat-tempat cantik ini siap menyambut wisatawan berjiwa petualang. Kamu harus sempatkan diri untuk menjelajahi tempat-tempat ini seharian agar lebih dekat lagi dengan alam, nuansa spiritual, dan budaya Jepang. Tentu saja, ini belum seberapa. Masih banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di Nikko. Jadi, siapkan waktu yang cukup untuk petualangan berharga ini!

Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Nikko
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.