Terbaik 9 Aktivitas Liburan Di Chefchaouen, Maroko

Terbaik 9 Aktivitas Liburan Di Chefchaouen, Maroko
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diterbitkan
| 3 menit membaca

Chefchaouen adalah kota yang tidak boleh kamu lewatkan kalau kamu berencana liburan ke Maroko karena tempat-tempat wisatanya yang menarik, dinding-dinding birunya yang cantik, dan masih banyak lagi. Semakin terkenalnya kota ini sebagai tujuan wisata di Maroko, banyak yang bertanya-tanya, apa saja kegiatan seru yang bisa dilakukan di Chefchaouen selain mengagumi dinding biru kota yang megah?

Kota ini didirikan di kaki Gunung Rif dan sangat kontras dengan Marakesh, kota yang lebih terkenal dan digemari para wisatawan. Kalau Marakesh yang ramai dirasa kurang cocok, kamu bisa berkunjung ke Chefchaouen satu atau dua hari untuk santai sejenak. Kamu akan dikejutkan dengan banyaknya kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Chefchaouen, mulai dari foto-foto untuk posting Instagram dan mengunjungi tempat-tempat bersejarah sampai ke belanja dan menyantap masakan ala Maroko. Berikut ini adalah beberapa aktivitas liburan di Chefchaouen, Maroko.

Kunjungi bangunan-bangunan penting

1. Kota Tua Chefchaouen

Chefchaouen Street
Source: Photo by user Mark Fischer used under CC BY-SA 2.0

Terdiri dari bangunan-bangunan bergaya Maroko dan Spanyol yang dicat dengan warna biru yang beragam, ini adalah kawasan Instagramable di Chefchaouen dengan labirin tersembunyi di gang-gang, alun-alun kota, dan gerbang pintu dekoratifnya. Jalan kaki di gang-gang kota ini akan membawamu ke Kasbah dan surganya pertokoan dan restoran di sekitarnya. Di sini kamu berkesempatan untuk menikmati citarasa masakan tradisional Maroko di salah satu restoran yang dikelola oleh keluarga. Kamu juga bisa membeli suvenir-suvenir buatan lokal.

Kota Tua Chefchaouen

Alamat: Chefchaouen 52450, Maroko

Website: Kota Tua Chefchaouen

Dikunjungi tempat ini?

2. Medina


Medina, yang dalam bahasa Arab berarti “Markas Tua”, adalah kawasan di Chefchaouen dimana kamu bisa lupa waktu saking asyiknya menjelajahi sudut-sudut dan celah-celahnya. Jalanannya yang sempit memberimu nuansa Chefchaouen yang berbeda dan menawarkan kesempatan bercengkrama dengan penduduk lokal dalam aktivitas rutin mereka.

Medina

Alamat: Medina, Chefchaouen

Website: Medina

Dikunjungi tempat ini?

Bagaimana dengan tur?

3. Tur harian Chefchaouen

View of Chefchaouen from a high vantage point.
Source: pexels

Biarkan sang ahli memandumu dalam merencanakan tur untuk satu atau dua hari ke Chefchaouen. Mereka terdiri dari pemandu wisata dari Touareg dan Berber yang cinta negara mereka serta berpengetahuan luas soal kota Chefchaouen dan sekitarnya. Mereka siap membantumu merencanakan tur dengan teman-teman, keluarga, pasangan, atau bahkan kamu yang liburan sendirian dan memastikan kamu merasakan keramahan Maroko dan menjelajahi keindahan padang pasir Maroko beserta kejutan-kejutannya!

Tur harian Chefchaouen

Alamat: 12 Outa EL Hamam, Chefchaouen 91000, Maroko

Website: Tur harian Chefchaouen

Dikunjungi tempat ini?

4. Pedesaan Chaouen - Tur Harian

Chefchaouen le jour
Source: Photo by Wikimedia Commons user Yatzamri used under CC BY-SA 4.0

Seringkali saat wisatawan berkunjung ke suatu negara, mereka tidak berkesempatan mengunjungi kawasan pedesaan. Tur harian ini memberikan kamu kesempatan untuk bercengkrama dengan penduduk desa di kawasan-kawasan sekitar Chefchaouen. Tur ini menawarkan tiga jenis paket: yang pertama menawarkan kunjungan singkat ke provinsi Chefchaouen dan melihat kehidupan pedesaannya. Yang kedua adalah tur selama empat hari dimana kamu akan jalan-jalan di provinsi Chefchaouen dan mengalami bagaimana rasanya hidup di desa-desa kecil di kawasan Chefchaouen. Yang terakhir adalah tur pribadi yang bisa kamu atur sendiri. Misalnya kamu bisa memilih untuk tur keliling provinsi sambil menjelajahi kuliner atau seni daerah tersebut.

Pedesaan Chaouen - Tur Harian

Alamat: Machichi Street Suite No. 3, QA Chefchaouen, Chefchaouen, Maroko

Website: Pedesaan Chaouen - Tur Harian

Dikunjungi tempat ini?

Belanja suvenir

5. Toko Artisan Lokal Berbere

Carpet shops - Fez Souks - Morocco
Source: Photo by user Esin Üstün used under CC BY 2.0

Karpet-karpet yang dijual di Toko Artisan Lokal Berbere cukup beragam. Pemilik toko yang ramah akan menyambutmu untuk melihat-lihat koleksi karpet buatan lokalnya dari berbagai gaya dan ukuran. Yang menarik dari belanja suvenir di sini dibandingkan tempat lain di Maroko adalah proses tawar-menawarnya. Kamu bisa langsung menawar harga ke pemilik toko sampai tercapai kesepakatan yang membuat kedua belah pihak senang.

Toko Artisan Lokal Berbere

Alamat: 23 Derb Bab El Moukaf - Quartier Souika, Chefchaouen 91000, Maroko

Dikunjungi tempat ini?

6. La Botica De La Abuela Aladdin


Favorit penduduk lokal dan pengunjung Chefchaouen, La Botica De La Abuela Aladdin adalah toko yang terletak di pusat Medina yang menjual berbagai macam hal mulai dari sabun, minyak, sampai dupa. Spektrum warna cantik beserta aroma-aroma khas akan menyambutmu saat kamu melewati pintu masuk.

Di dinding-dinding tempat ini berjajar sabun, botol-botol minyak, dan dupa yang dipajang dengan cantik dan menarik. Selain itu, pemilik toko ini siap memberiku beragam informasi mengenai produk-produk yang ditawarkan dan juga kegunaannya. Bawa pulang keharuman dan rasa Chefchaouen, bungkus dan beri pita cantik. Kamu pasti suka!

La Botica De La Abuela Aladdin

Alamat: Chefchaouen 91000, Maroko

Website: La Botica De La Abuela Aladdin

Dikunjungi tempat ini?

Jelajahi sejarah Chefchaouen

7. Museum Kasbah


Kalau indahnya warna biru laut ciri khas Chefchaouen belum cukup, kamu bisa menambah percikan warna hijau di Taman Andalusia. Di taman inilah kamu dapat menemukan Museum Kasbah dimana terdapat kumpulan informasi ethnografi mengenai Chefchaouen selama bertahun-tahun. Di sini dipajang artefak-artefak, mulai dari alat musik, kendi, dan karpet sampai sulaman dan munisi yang berperan penting dalam sejarah Chefchaouen dan juga Maroko pada umumnya. Kagumi, atau bahkan beli, karya seni asli dari senimal lokal di galeri yang terdapat di museum ini.

Museum Kasbah

Alamat: Medina | Avenue Hassan II, Chefchaouen 91000, Maroko

Website: Museum Kasbah

Dikunjungi tempat ini?

Kagumi keindahan alam Chefchaouen

8. Air Terjun d’Akchour

Akchour waterfall
Source: Photo by Wikimedia Commons user Itachoo1 used under CC BY-SA 4.0

Di kota padang pasir seperti Chefchaouen, mungkin kamu tidak akan mengira akan menemukan oase biru dan riam air terjun hanya setengah jam dari pusat kota. Kamu tidak akan bisa menolak untuk menceburkan diri ke dalam air jernih berwarna biru yang sejuk atau sekedar duduk dan mengagumi indahnya permata tersembunyi ini. Saat berada di sini, jangan lupa melihat formasi batuan lengkung yang dikenal dengan nama “Bridge of God”.

Air Terjun d’Akchour

Alamat: Parc Talembole | Medina, Chefchaouen 52450, Maroko

Dikunjungi tempat ini?

9. Pegunungan Rif

A post shared by katie w. (@go_ktw) on May 6, 2016 at 10:00am PDT


Pecinta alam pasti senang mendaki Pegunungan Rif dan menikmati pemandangan Chefchaouen dari puncak. Pegunungan Rif menjulang setinggi 1.981 meter (6.500 kaki) dengan jalur-jalur pendakian yang belum pernah ditaklukan. Kamu akan kagum dengan keindahan alam di sini. Rasakan pengalaman kota Chefchaouen yang berbeda dari puncak pegunungan. Dari sini, kamu juga bisa melihat oase dan padang pasir di sekeliling kota.

Pegunungan Rif

Alamat: Chefchaouen, Maroko

Website: Pegunungan Rif

Dikunjungi tempat ini?

Keajaiban biru

Dengan latar belakang pegunungan yang indah, berbagai macam rona warna biru, dan penduduk lokal yang ramah, kota Instagramable ini makin digemari dunia luar. Dikenal juga dengan nama Permata Biru Maroko, Chefchaouen harus kamu kunjungi. Biarkan dirimu tersesat di gang-gang kecil seperti labirin saat kamu menjelajahi banyaknya pertokoan dan restoran yang memenuhi kota ini.

Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Chefchaouen
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.