Ungkap Apa yang Tidak Anda Ketahui Tentang Onsen Ryokan Di Jepang

Ungkap Apa yang Tidak Anda Ketahui Tentang Onsen Ryokan Di Jepang
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diperbarui
| 7 menit membaca

Apakah anda tertarik untuk melakukan perjalanan ke onsen pada perjalanan anda berikutnya ke Jepang namun diintimidasi oleh semua kebiasaan yang tak terucapkan? Onsen, atau sumber air panas, adalah salah satu merek dagang Jepang dan sangat dianjurkan bagi siapa saja yang bepergian ke Jepang. Artikel ini akan menghilangkan 21 mitos yang paling umum di sekitar onsen sehingga anda dapat berenang dengan tenang dan percaya diri!

Pada tahap pencarian anda untuk sebuah onsen ryokan ...

1. Apa itu ryokan? Apa bedanya dengan onsen?

Sebelum mempelajari dunia onsen, perlu juga mendefinisikan ryokan, karena kedua istilah serupa dan sering membingungkan orang asing.

Ryokan adalah penginapan bergaya tradisional Jepang, dan biasanya menampilkan pemandian umum atau pribadi sebagai fasilitas andalannya. Selain itu, ryokan menyediakan layanan kamar yang sangat baik, seperti mengkoordinasikan makan malam di kamar atau sarapan pagi, serta layanan tempat tidur futon.

Sementara itu, onsen adalah sumber air panas, juga dikenal sebagai pemandian umum di kalangan orang Jepang dimana orang pergi untuk bersantai. Seperti disebutkan di atas, onsen sering dimasukkan sebagai bagian dari fasilitas mandi ryokan. Dalam hal ini, onsen dan ryokan adalah dua istilah yang berjalan beriringan satu sama lain.

Tinggal di properti ini

2. Bagaimana saya bisa menemukan ryokan dengan onsen?

Araki Kosen di Chichibu, Saitama
Source: Tabiness

Onsen secara harfiah berarti sumber air panas, dan biasanya ditemukan di dekat atau di antara daerah pegunungan. Anda biasanya tidak akan bisa menemukan onsen alami di kota atau di area datar. Anda juga bisa mengira-ngira apakah fasilitas andalan ryokan adalah onsen saat memeriksa situs web mereka.

Tinggal di properti ini

3. Mengapa harganya bervariasi?

Ryokan dengan fasilitas onsen biasanya lebih mahal dari penginapan biasa atau hotel. Proses ini mirip dengan gagasan barat tentang peringkat “bintang”. Semakin tinggi reputasi ryokan, semakin besar harganya. Reputasi ini bisa berasal dari sejarah panjang, standar pelayanan, kualitas makanan dan sebagainya. Namun, anda tidak perlu pusinguntuk menikmati ryokan dan onsen, karena ada banyak persembahan berbeda untuk anggaran apapun.

Tinggal di properti ini

4. Berapa harga yang tepat untuk sebuah ryokan onsen?

Seperti disebutkan di atas, itu tergantung pada kualitas onsen atau ryokan.

Tinggal di properti ini

5. Bagaimana anda bisa tahu apakah onsen atau ryokan itu asli?

Pintu masuk Beppu Showa-en
Source: Tabiness

Meskipun sudah umum sekarang bagi wisatawan untuk dipikat oleh ryokan lama manapun, salah satu rekomendasi rumah kami adalah yang sederhana adalah yang terbaik. Seperti banyak ryokan mendapatkan kehormatan melalui pelayanan prima dan sejarah yang panjang, halaman web yang paling indah tidak menjamin ryokan terbaik. Ketika melakukan penelitian anda di ryokan dan onsen, pastikan untuk memeriksa ulasan lain dari ryokan dan tidak terpengaruh oleh desain beranda.

Tinggal di properti ini

6. Situs web apa yang direkomendasikan untuk memesan ryokan otentik?

Jika ini adalah pertama kalinya anda menginap di ryokan, kami sarankan untuk tidak hanya mengandalkan situs pemesanan hotel internasional kecuali anda mendapatkan rekomendasi langsung untuk ryokan ini. Salah satu situs yang sangat berguna untuk menemukan ryokan sejati yang dapat menawarkan pengalaman sekali dalam seumur hidup adalah The-Ryokan, sebuah situs web yang dengan susah payah memberi harga pada setiap ryokan dan menjanjikan kualitas terbaik untuk semua pengunjung. Atau, anda bisa mendapatkan informasi dari kami di halaman Facebook kami, Twitter dan lainnya.

Tinggal di properti ini

7. Apakah ada pilihan onsen yang lebih murah, tersedia saat kami memesan ryokan?

Yama Tsubasa Onsen di Fukuoka
Source: Tabiness

Iya nih! Jika anda hanya ingin pengalaman onsen tanpa harga tinggal di ryokan, ada banyak ryokan yang menawarkan “higaeri” atau satu hari pengalaman. Juga, ada banyak tempat onsen publik. Baca lebih lanjut di “Nikmati Air Panas Luar Biasa Hakone Bahkan Saat Anda Beranggaran Minim”

Tinggal di properti ini

Ketika anda mendapatkan ke ryokan onsen ...

8. Apa hal yang harus dilakukan saat memasuki ryokan?

Kamar di Iwaso Ryokan di Hiroshima
Source: Tabiness

Sama halnya dengan hotel mana pun, ketika anda tiba di ryokan, satu-satunya hal yang perlu dilakukan adalah check in! Layanan adalah keistimewaan ryokan, jadi biasanya anda akan diantar dengan sapaan dan senyuman. Pekerja di ryokan biasanya akan membawa anda ke kamar anda dan memberi penjelasan tentang fasilitasnya. Jika anda tinggal di ruang tatami, berhati-hatilah untuk tidak menyeret barang bawaan anda ke sekeliling ruangan, karena tatami sangat halus dan mudah rusak. Pelajari lebih lanjut tentang etiket ryokan di “Cara Menikmati Malam di Ryokan Onsen Tinggal Seperti Orang Jepang”

Tinggal di properti ini

9. Jika ryokan tradisional, apakah itu berarti toilet juga tradisional?

Toilet bergaya tradisional Jepang mengacu pada toilet jongkok, yang umum terjadi di Jepang bertahun-tahun yang lalu. Meskipun mungkin ada beberapa ryokan yang mungkin masih memiliki toilet jongkok, kebanyakan ryokan, terutama ryokan berbintang tinggi, telah merenovasi toilet mereka ke toilet bergaya Barat.

Tinggal di properti ini

10. Kapan kita bisa pergi ke onsen setelah check-in?

Biasanya setelah anda dibawa ke kamar anda dan menerima penjelasan prosedur dari staf, anda bebas pergi ke onsen kapan saja! Pastikan untuk mengambil yukata anda dari kamar anda dan periksa onsen mana yang tersedia pada saat itu, karena beberapa mungkin tidak dapat diakses karena pembersihan.

Tinggal di properti ini

11. Apakah pria dan wanita menggunakan onsen yang berbeda?

Sebagian besar fasilitas pemandian umum yang ditawarkan di ryokan dipisahkan oleh jenis kelamin. Yang terbaik adalah bertanya di meja depan saat check-in onsen terbuka untuk jenis kelamin apa. Beberapa ryokan menawarkan onsen gaya yang berbeda, dan waktu penggunaan dibagi antara pria dan wanita (misalnya, pria akan dapat menggunakan bak mandi dari pukul 15:00 sampai 18:00 dan wanita akan dapat menggunakannya dari pukul 18.30 sampai 10 malam, misalnya) . Pastikan untuk memiliki pemahaman yang baik tentang jadwal hari itu sehingga anda tidak melewatkan jenis bak mandi tertentu!

Tinggal di properti ini

12. Kapan di onsen ... apakah perlu untuk telanjang?

Tamu menikmati Shineikan di Hokkaido
Source: Tabiness

Iya nih! Ini adalah kebiasaan nomor satu dari semua onsen. Satu-satunya handuk yang bisa anda bawa ke area mandi sebenarnya adalah handuk wajah kecil. Meskipun anda dapat menutupi menggunakan handuk ini saat memasuki dan keluar dari area mandi, pastikan untuk tidak memasukkan handuk anda ke onsen sebenarnya! Saat berada di dalam onsen, sangat khas untuk menjaga handuk ini melilit rambut anda sehingga tidak masuk ke onsen. Dan tolong jangan lupa untuk mengeringkan kaki anda di atas tikar mandi saat kembali ke area yang berbeda.

Tinggal di properti ini

13. Apakah tato benar-benar tabu?

Seorang pria dengan tato sedang mandi
Source: iStock

Tato, yang disebut irezumi dalam bahasa Jepang, biasanya dianggap tabu di Jepang, dan biasanya akan membatasi anda untuk dapat memasukkan onsen apapun. Namun, ada beberapa ryokan yang akan memungkinkan anda masuk ke onsen jika anda menutupi tato anda, atau jika anda memesan kamar mandi pribadi. Pastikan untuk menanyakan sebelum anda membuat reservasi.

Tinggal di properti ini

14. Bisakah anda minum alkohol saat di onsen?

Ryokan tertentu akan memiliki kepentingan yang tersedia di dekat daerah onsen, tapi kami tidak merekomendasikan membawa anda sendiri! Tindakan pentingmu adalah bertanya di penerimaan setelah tiba jika ada sake tersedia. Bahkan jika anda tidak diizinkan untuk minum sake di bak mandi sebenarnya, kebanyakan ryokan akan memiliki pilihan di mana anda dapat minum sake dan susu segera setelah anda keluar dari onsen.

Tinggal di properti ini

15. Apakah tidak boleh membuang handuk ke bak mandi onsen !?

Handuk di kepala
Source: iStock

Saat anda berendam di pemandian umum, anda tidak diperbolehkan memasukkan handuk ke bak mandi karena alasan kebersihan. Anda perlu meletakkan handuk di atas kepala anda. Dengan demikian, anda akan melihat semua orang di bak mandi onsen meletakkan handuk mereka di kepala. Juga, anda perlu mengikat rambut anda agar tidak membiarkannya menyentuh bak mandi juga. Aneh rasanya melakukan hal-hal ini saat kita mandi bersama. Tapi ini tradisi Jepang.

Tinggal di properti ini

Segala sesuatu yang lain untuk bertanya tentang sebuah ryokan onsen!

16. Apa itu yukata?


Tinggal di properti ini

Yukata adalah versi dari kimono yang lebih sederhana di musim panas. Kebanyakan ryokan akan memiliki yukata untuk anda pakai saat pergi ke bak mandi. Jika anda membutuhkan bantuan untuk mengenakan yukata anda, lihat video di atas atau mintalah meja depan. Karena yukata terutama digunakan di dalam onsen, tidak perlu terlalu rumit prosesnya. Hanya memakai yukata anda dan mengikat obi longgar di sekitar pinggang anda. Bagi wanita, dasi harus jatuh di sekitar perut anda. Bagi laki-laki, dasi akan sedikit lebih rendah, di sekitar pinggang anda.

Tinggal di properti ini

17. Jenis onsen apa yang ada?

Bergantung pada ryokan yang anda tinggali, anda akan bisa merasakan berbagai jenis air onsen! Sebagai air onsen diyakini memiliki kekuatan penyembuhan, ada berbagai jenis mineral untuk penyembuhan beberapa jenis rasa sakit. Ada 11 kategorisasi yang berbeda dari mata air panas, dengan mata air panas belerang yang paling umum. Anda dapat menemukan berbagai jenis onsen dari artikel ini “Pengalaman Onsen Unik di Jepang”.

Tinggal di properti ini

18. Apakah ada bak mandi pribadi di ryokan? Bagaimana cara saya memesannya?

Nishiyama Ryokan di Ishikawa
Source: Tabiness

Jika anda merasa sedikit malu, beberapa ryokan menawarkan kamar mandi pribadi, atau bahkan kamar mandi pribadi di setiap kamar! Meskipun pemandian ini harganya mahal, anda bisa memiliki pengalaman onsen di antara pesta anda sendiri. Beberapa kamar mandi pribadi memerlukan pemesanan terlebih dahulu, namun ada juga yang ditawarkan berdasarkan servis pertama yang dilayani. Biasanya, kamar pribadi ini cukup populer, dan mungkin ada garis!

Untuk informasi lebih lanjut tentang pilihan onsen di dalam, silakan merujuk ke artikel berikut:
Pengalaman Eksperimental Kamar Eksklusif 8 Terbaik yang Diakses Dari Kyoto
10 Onsen Ryokans di dalam Yang Mewah Untuk Menginap Selama 3 Jam Dari Tokyo

Tinggal di properti ini

19. Pilihan makanan apa yang tersedia di ryokan?

Sarapan menawarkan dari ryokan Kyoto
Source: Tabiness

Salah satu hal terbaik tentang menginap di ryokan adalah menikmati makan setelah onsen. Ada dua pilihan makan utama: disajikan di ruang makan utama atau pilihan makan yang lebih nyaman di kamar anda. Saat makan di kamar anda, para pekerja ryokan akan menyiapkan seluruh makanan untuk anda saat anda berada di dalam onsen.

Tinggal di properti ini

20. Bagaimana jika saya alergi makanan?

Jika ryokan yang anda kunjungi menawarkan makanan prasmanan, biasanya anda dapat menanyakan tentang apa yang ada di dalam setiap hidangan. Jika makan malam anda disajikan di kamar anda, beritahu staf alergi anda saat melakukan reservasi, walaupun tidak ada jaminan setiap ryokan akan dapat membuat akomodasi.

Tinggal di properti ini

21. Apakah anda perlu memberi tip kepada pelayan?

Okami-san dari ryokan Shinshu
Source: Tabiness

Sama seperti di tempat lain di Jepang, tidak perlu meninggalkan tip untuk pembantu atau staf servis. Pelayanan prima adalah titik penjualan bagi sebagian besar ryokan, dan mereka sesuai dengan pekerjaan mereka.

Namun, jika anda meminta sesuatu yang ekstrem, seperti mendapatkan upgrade kamar dengan harga yang sama, atau menghancurkan apapun, perlu membayar sejumlah uang, tidak harus sebagai tip, tapi sebagai biaya.

Tinggal di properti ini

Membantah mitos Onsen

Meski agak mengintimidasi pada awalnya, mengikuti saran tersebut akan membantu membuat masa menginap anda di onsen/ryokan semulus mungkin. Dengan mengikuti tip berikut, anda akan menjadi master onsen!

Tinggal di properti ini
Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Tokyo (prefecture)
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.