Kehangatan Udara Selatan: 10 Pilihan Terbaik Kegiatan di Chiayi

Kehangatan Udara Selatan: 10 Pilihan Terbaik Kegiatan di Chiayi
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diperbarui
| 3 menit membaca

Kota ini seringkali dianggap sebagai destinasi wisata Alishan National Scenic Area. Bukan hanya pemandangan cantik, area ini juga menawarkan banyak petualangan dan kegiatan. Dengan suhu udara yang relatif lebih tinggi dibandingkan ibukota dan budaya yang dipertahankan dengan baik, kamu akan merasakan kehangatan daya tarik Taiwan selatan. Berikut 10 kegiatan di Chiayi yang seru bisa kamu lakukan.

1. Taman Chiayi

Chia yi park st3
Source: Photo by Wikimedia Commons user Niceplaza~commons... used under CC BY-SA 3.0

Terletak di area timur, Taman Chiayi adalah tempat kamu bisa menghabiskan sore hari dengan berjalan menelusuri asrinya taman, kolam ikan, monumen sejarah seperti Gunung Ali Forest Railway No. 21 Steam Locomative, dan 12 Ancient Cannons. Salah satu hal menarik di taman ini adalah menara Chiayi yang akan dibahas di poin berikutnya. Kamu juga akan bertemu masyarakat lokal yang tengah berlibur di sana. Selain pemandangan, suasana tenang akan membuat kamu betah berlama-lama.

Chiayi Park

Alamat: Minquan Rd, East District, Chiayi City, Taiwan

Harga: bebas biaya

Waktu buka: 24 jam setiap hari

No. Telp: +886 52254321

Dikunjungi tempat ini?

2. Menara Chiayi

Chia yi park st3
Source: Photo by Wikimedia Commons user Niceplaza~commons... used under CC BY-SA 3.0

Menara Chiayi tetap menjadi salah satu tengaran kota berkat keunikan arsitekturnya. Bangunan ini memiliki corak alumunium yang menyerupai pohon di Alishan. Di dalam bangunan ini terdapat patung kuningan Sun Shooting menakjubkan yang dibuat berdasarkan sebuah kisah dari suku asli Taiwan. Alkisah bumi memiliki dua matahari dan satu ditembak jatuh oleh salah satu anggota suku lama.

Lantai satu menampilkan berbagai papan nama prajurit yang meninggal di medan perang. Sebuah lantai kaca di lantai 10 menawarkan pemandangan dari ketinggian. Di lantai sebelas terdapat kafe tempat kamu bisa menyeruput secangkir teh. Jika ingin menikmati panorama kota, kamu bisa bergerak ke atap bangunan yang dibuka untuk umum.

Chiayi Tower

Alamat: 46, Gongyuan St., East Dist., Chiayi City 600, Taiwan

Harga: mulai Rp30.000,00

Waktu buka: 09.00 - 21.00. Tutup setiap Senin.

No. Telp: +886 52751357

Dikunjungi tempat ini?

3. Danau Lantan

Sunset on The Dike_CRW_2805_Lantan
Source: Photo by Flickr user Mark used under CC BY 2.0

Ketenangan menanti di Danau Lantan yang berlokasi di Jalan Xiaoya. Kamu bisa berjalan dengan santai sambil menikmati kejernihan air dan suasana yang tenang. Kamu juga bisa menikmati paviliun untuk bersantai sambil menikmati pemandangan. Lampu-lampu remang menerangai area dan instalasi seni yang tersebar, memberikan suasana magis. Jika kamu ingin menghindari keriuhan massa, Danau Lantan adalah tempat yang tepat.

Lantan Lake

Alamat: Xiaoya Rd., East Dist., Chiayi City

Harga: bebas biaya

Waktu buka: 24 jam setiap hari

No. Telp: +886 52294593

Dikunjungi tempat ini?

4. NCYU Insect Museum

Editor's Note: There's no photo available at the time of writing

NCYU Insect Museum di Jalan Xuefu adalah museum serangga terbesar di Taiwan, juga terkenal karena taman kubahnya. Taman ini menjadi rumah bagi ribuan kupu-kupu berwarna-warni yang terbang bebas dari satu bunga ke bunga lain. Mengeksplorasi area lain, kamu punya kesempatan untuk menyentuh larva kumbang dan kecoa Madagaskar. Jangan takut dan membunuhnya, serangga ini sangat jinak. Keunikan lainnya termasuk Specimen Area, Living Aquatuc Insects Area, World’s Rarest Insect Area, dan Insect Resources Industry Area. Jika berkunjung pada Tahun Baru Tiongkok, ada tur gratis dengan pemandu dan pemutaran film.

NCYU Insect Museum

Alamat: 300, Xuefu Rd, East District, Chiayi City, Taiwan

Harga: mulai Rp95.000,00

Waktu buka: 09.00-18.00

No. Telp: +886 52779225

Dikunjungi tempat ini?

5. Chiayi Botanical Garden

Shanzihding Botanical Garden ecology pond, Chiayi City (Taiwan)
Source: Photo by Wikimedia Commons user Mk2010 used under CC BY-SA 3.0

Taman Bontani Chiayi di Shanziding meliputi 8,6 hektar dan berfungsi sebagai area percobaan untuk Forestry Research Institute. Kamu bisa melihat berbagai pohon tropis seperti pohon cemara Tiongkok, pohon karet Brazil, alstonia, pohon pinus kait, dan mahoni India barat. Dengan 140 lebih spesies pohon, taman ini tampak seperti hutan. Taman ini cocok untuk kegiatan jalan-halan santai sambil menikmati udara segar.

Chiayi Botanical Garden

Alamat: 270, Shanziding, East District, Chiayi City

Harga: bebas biaya

Waktu buka: 07.00 - 18.00

No. Telp: 886 52717343

Dikunjungi tempat ini?

6. Desa Hinoki

Hinoki Village, Chiayi City 20130505
Source: Photo by Wikimedia Commons user Mk2010 used under CC BY-SA 3.0

Seni adalah elemen yang sangat hidup di Desa Hinoki. Berlokasi di Jalan Linsean East, desa ini memiliki banyak bunga teratai dan 28 rumah dorm bergaya Jepang yang pernah dimiliki Dinas Kehutanan Chiayi. Kamu bisa menelusuri berbagai rumah terawat dan toko-toko yang menjual kerajinan local serta kudapan. Ada juga museum yang didedikasikan untuk film Taiwan terkenal berjudul Kano.

Hinoki Village

Alamat: 1, Linsen E. Rd., East Dist., Chiayi City 600, Taiwan

Harga: bebas biaya

Waktu buka: 10.00 - 18.00

No. Telp: +886 52761601

Situs: Hinoki Village

Dikunjungi tempat ini?

7. Pasar malam Jalan Wenhua

Nightmarket chiayi
Source: Photo by Wikimedia Commons user Naplee12 used under CC BY-SA 3.0

Di pasar malam Jalan Wenhua, kamu bisa makan, belanja, dan menikmati suasana malam. Terletak di area barat, pasar malam ini terkenal karena berbagai sajian makanan lokal yang khas. Kamu bisa mencoba nasi kalkun, belut goreng, lontong, sup kepala ikan, dan masih banyak lagi. Ada banyak toko yang menjual makanan dan sepatu dengan harga terjangkau. Pastikan kamu datang lebih awal untuk menghindari massa yang padat. Kebanyakan lapak mulai buka pada 17.00.

Pasar malam Jalan Wenhua

Alamat: Wenhua Rd, East District, Chiayi City, Taiwan

Waktu buka: 05.00-01.00

No. Telp: +886 52294593

Dikunjungi tempat ini?

8. Xingang Bantou Village

Editor's Note: There's no photo available at the time of writing

Desa Xingang Bantou adalah desa tempat kamu bisa mengapresiasi kerajinan keramik Koji yang terlihat menghiasi kuil dan pating-pating di Taiwan. Sambil berjalan menikmati area, bersiaplah untuk berdecak kagum melihat mosaik yang dibuat pengrajin lokal. Ada banyak bentuk yang dipasang keramik mosaik seperti dinding, kursi, TV, bahkan orang. Ada juga mural yang menggambarkan kekayaan pertanian pedesaan Taiwan. Bagi anak-anak, mereka bisa berkunjung ke studio dan mewarnai keramik pilihannya.

Xingang Bantou Village

Alamat: Bantoucuo, Xingang Township, Chiayi County 616, Taiwan

Harga: bebas biaya

Waktu buka: 24 jam setiap hari

No. Telp: +886 57810832

Dikunjungi tempat ini?

9. Chiayi Prison Museum

Old Chiayi Prison, Chih Cell Block (Taiwan)
Source: Photo by Wikimedia Commons user Mk2010 used under CC BY-SA 3.0

Penjara ini tak lagi berpenghuni, tetapi masih memperlihatkan sekilas suasana di balik jerujinya. Museum penjara Chiayi berlokasi di Jalan Weixin dan, seperti halnya penjara Alcatraz di San Fransisco, sejarahnya sangat menarik. Dari luar, perhatian kamu pasti sudah tersita pada boneka yang menggunakan baju narapidana dengan posisi seakan-akan hendak kabur. Di dalam, kamu akan melihat kamar-kamar yang terawat, ruang pengunjung, dan stasiun pengawasan pusat. WCnya mungkin meresahkan, tetapi menggambarkan dengan jelas suasana kehidupan di dalam penjara. Dari tur gratis yang rutin diadakan, kamu akan mendengar berbagai cerita tentang napi yang diperlakukan buruk hingga penampakan supranatural. Tur rutin biasanya menggunakan bahasa Mandarin, sehingga jika menginginkan tur berbahasa Inggris, kamu harus menanyakannya lewat telepon.

Chiayi Prison Museum

Alamat: 140, Weixin Rd., East Dist., Chiayi City 600, Taiwan

Harga: bebas biaya

Waktu buka: 09.00-17.00 (tutup pada Senin)

No. Telp: +886 52789242

Dikunjungi tempat ini?

10. Xingang Fengtian Temple

Singang Fengtian Temple 20081012
Source: Photo by Wikimedia Commons user Peellden used under CC BY-SA 3.0

Kuil Xingang Fengtian di Jalan Xinmin dibangun untuk menghormati Mazu dan Tiger General (Jendral Macan), dua dewa Taiwan. Mazu ada dewa yang menjaga para penjelajah laut, sedangkan Jendral Macan adalah pelindung anak-anak. Setelah mengagumi desain gerbang dengan pahatan macan yang begitu terperinci, kamu akan disambut oleh berbagai lukisan sang dewa yang berwarna-warni. Lantai tiga dihias karya Koji berdasarkan cerita rakyat. Kamu juga akan bertemu para pemuja dewa, sehingga kamu sekaligus merasakan pengalaman budaya lokal.

Xingang Fengtian Temple

Alamat: 53, Xinmin Rd., Xingang Township, Chiayi County 616, Taiwan

Harga: bebas biaya

Waktu buka: 06.00 - 22.00

No. Telp: +886 53742034

.

Dikunjungi tempat ini?

Mengapresiasi keindahan Chiayi

Chiayi mungkin bukan destinasi paling populer, tetapi perlu diingat, biasanya tempat yang tidak populer memiliki tempat-tempat tersembunyi. Mungkin sudah waktunya kamu beristirahat dari destinasi yang biasa dan mencoba jenis yang baru. Keindahan Chiayi mungkin akan mengejutkanmu.

Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Chiayi
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.