Sehari di Hiroshima, Jepang - Jadwal Tur yang Tak Terlupakan

Sehari di Hiroshima, Jepang - Jadwal Tur yang Tak Terlupakan
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diperbarui
| 4 menit membaca

Berlokasi di pesisir Laut Seto Indland, Hiroshima berarti ‘pulau luas’ dalam bahasa Jepang. Kota ini tercatat sebagai tempat pertama dijatuhi bom atom menjelang akhir Perang Dunia II, dan masih banyak yang menganggapnya area dipenuhi sampah radioaktif. Namun, kota terbesar di area Chūgoku sebelah barat Honshu ini telah pulih dari mimpi buruk tersebut dan telah menjadi kota yang punya daya pikat berupa makanan lezat dan tempat-tempat indah.

Bagi para pejalan dengan waktu terbatas tetapi masih ingin melihat Hiroshima, sangat memungkinkan melakukan perjalanan sehari di Hiroshima dari Kyoto atau Osaka di kawasan Kansai. Articel ini adalah panduan perjalanan tentang hal yang bisa kamu lakukan untuk tur sehari di Hiroshima.

Perjalanan ke Hiroshima

JR West 225-0 Series I1 Special Rapid
Source: Photo by Wikimedia Commons user ゆなな used under CC BY-SA 4.0

Cara tercepat dan palng praktis untuk sampai ke Hiroshima adalah dengan menggunakan Nozomi shinkansen dari kota-kota utama Honshu. Osaka adalah kota terdekat Hiroshima dengan waktu tempuh 1 jam dan 26 menit (Rp1.300.000,00). Dari Kyoto, perjalanan membutuhkan sekitar 1 jam 40 menit (Rp1.425.000,00). Butuh 4 jam perjalanan dari Tokyo menggunakan kereta peluru, sehingga disarankan tidak terburu-buru ketika berkunjung ke Hiroshima dari Tokyo.

JR West

Situs: JR West

1. Memulai hari di Hiroshima dengan berkunjung ke Peace Memorial Park

Sesampainya di stasiun Hiroshima pada pagi hari, lanjutkan perjalanan ke Peace Memorial Park. Terdaftar dalam UNESCO World Heritage Site, taman ini berfungsi sebagai pengingat tragedi bom atom yang terjadi sekitar 70 tahun yang lalu. Jadikan Atomic Bomb Dome tempat pertama yang kamu kunjungi ketika ke taman ini. Sebagai ikon Hiroshima, rasanya sebuah keajaiban Hiroshima Prefectural Industrial Promotion Hall tetap utuh meskipun terletak dekat pusat bom. Karena sulitnya menghancurkan kemudian membangun kembali gedung, pengingat ini terlihat mencolok dan berfungsi sebagai pengingat perdamaian selama kita di kota Hiroshima.

Atomic Bomb Dome (原爆ドーム)

Alamat: 1-10 Otemachi, Naka Ward, Hiroshima-city

Harga: Rp27.000,00

Waktu buka: 08.30-18.00 (tamannya terbuka 24 jam).

Durasi: sekitar 30 menit

Akese: 15 menit perjalanan tram ke Genbaku-Dome Mae Station dari stasiun Hiroshima di jalur 2 atau 6

No. Telp: +81 82-242-7831

Setelah mengunjungi Atomic Bomb Dome yang fotogenik, lanjutkan ke Peace Memorial Museum di dalam taman untuk menghindari massa yang bertambah ketika hari semakin siang. Museum ini menceritakan rangkaian peristiwa yang terjadi sebelum penjatuhan bom atom dan kejadian setelahnya. Meskipun rangkaian peristiwa ini akan membuatmu depresei, museum ini mengingatkan betapa tak ternilainya perdamaian.

Peace Memorial Museum (広島平和記念資料館)

Alamat: 1-2 Nakajima-cho, Naka Ward, Hiroshima-city

Harga: Rp7.000

Waktu buka: 08.30-18.00 (Maret hingga Juli, September hingga November), 08:30-19.00 (Agustus), 08:30-17.00 (Desember hingga February), tutup pada 29 Desember - 1 Januari.

Durasi: sekitar 90 menit

Akses: 7 menit jalan kaki dari Genbaku-Dome Mae Station.

No. Telp: +81 82-241-4004

Peace Memorial Museum

Dikunjungi tempat ini?

2. Menikmati makan siang bergaya Hiroshimayaki


Perut kamu pasti bunyi setelah berjam-jam menelusuri taman memorial yang besar, menandakan waktunya makan siang. Makanan paling terkenal di prefecture ini adalah Hiroshimayaki, atau okonomiyaki bergaya Hiroshima. Tidak seperti okonomiyaki lain yang biasa ditemukan di bagian Jepang lainnya, versi Hiroshima terdiri dari lapisan berbagai bahan makanan, bukan campuran. Ditambah lagi, penyuka kol pasti senang mengetahui jumlah kol di sini sekitar 3-4 kali lebih banyak dibanding dengan yang dijual di Kansai-Osaka.

Nikmati makan siang Hiroshimayaki di gedung Okonomimura. Rumah tempat berbagai restoran okonomiyaki berada di lantai dua hingga empat. Kamu dapat memilih dari daftar panjang bahan makanan, dan menyaksikan kokinya memasak makanan menggiurkan tepat dihadapanmu.

お好み村 Okonomimura

Alamat: 5-13 Shintenchi, Naka-ku, Hiroshima-city

Harga: mulai Rp108.000,00

Waktu buka: tergantung restoran tetapi kebanyakan buka 11.00-21.00

Akses: jalan kaki selama 3 menit dari halte Shintechi atau jalan 5 menit dari stasiun Hacchobori setelah perjalanan tram 5 menit dari Genbaku-Dome Mae Station, tempat Peace Memorial Park.

No. Telp: +81 82-241-2210

お好み村 Okonomimura

Dikunjungi tempat ini?

3. Naik feri ke pulau para dewa - Miyajima

Miyajima Torii
Source: Photo by user Matt Watts used under CC BY-SA 2.0

Setelah makan siang, lanjutkan ke Miyajima, pulau kuil terkenal terletak sekitar sejam perjalanan dari kota Hiroshima. Cara paling ekonomis adalah dengan menggunakan kereta jalur JR Sanyo Line ke stasiun JR Miyajimaguchi dari stasiun JR Hiroshima (21 menit, Rp55.000,00). Lalu lanjutkan dengan berjalan kaki ke pelabuhan Miyajima dan naik feri selama menit (Rp22.000,00).

Berjalanlah ke Itsukushima Shrine sekitar 10 menit dari kaki pelabuhan dan kamu akan disambut pemandangan altar ikonik dan gerbang torii yang dibangun di atas Laut Seto Inland. Tak heran Miyajima adalah satu dari tiga tempat cantik di Jepang. Eksplorasi kompleks altarnya dan ambil foto banyak bersama gerbang yang mengapung di laut.

Itsukushima Shrine (厳島神社)

Alamat: 1-1 Miyajima-cho, Hatsukaichi, Hiroshima Prefecture

Harga: Rp55.000,00 dan Rp65.000 untuk tiket kombinasi masuk Treasure Hall

Waktu buka: 06.30-18.00 (waktu tutup berubah tergantung musim)

Durasi: sekitar 1 jam

Akses: 10 menit berjalan kaki dari Miyajima Pier

No. Telp: +81 82-944-2020

Itsukushima Shrine

Dikunjungi tempat ini?
20100723 Miyajima Mount Misen 4715
Source: Photo by Wikimedia Commons user Jakub Hałun used under CC BY-SA 4.0

4. Mendaki Gunung Misen menggunakan Miyajima Ropeway


Ascend to the highest peak on Miyajima at Mount Misen, 500 metres (1,640 feet) above sea level. Let the Miyajima Ropeway get you up in comfort near to the top within 15 minutes, while you soak in splendid views of the Seto Inland Sea and pristine forest of Miyajima. Thereafter, you can hike to the real summit up a steep hiking trail in 30 minutes to enjoy panoramic views of the sea and as far as Hiroshima city on a clear day. If not, there is a closer lookout about 5 minutes away from the ropeway station too.

After exploring the area around the peak, you can either take the ropeway back down, or walk down to the village using one of the three hiking trails. Amongst the three trails, the Daisho-in Course is not as steep as the other two and offers the nicest views. You will pass by the Reikado (Hall of the Spiritual Flame) belonging to the important Daisho-in (大聖院) temple of Shingon Buddhism. This hall is worth special mention because the flame it protects was used to light the Flame of Peace in Hiroshima’s Peace Park. Count your lucky stars if you manage to spot the wild deer and monkeys along the mountain paths!

Mount Misen (弥山) and the Miyajima Ropeway (宮島ロープウェイ)

Address: Momijidani-koen, Miyajima-cho, Hatsukaichi-shi, Hiroshima Prefecture

Price: 1,000 JPY (9.70 USD) for one-way ticket, 1,800 JPY (17.40 USD) for round-trip ticket.

Opening Hours: 9am - 5pm (December to February), 9am - 5.30pm (March to November).

Duration: around 2 to 3 hours required, depending on whether you hike up to and fro the actual summit.

Access: 25-minute walk from Miyajima Pier.

Contact: +81 82-944-0316

Miyajima Ropeway

Dikunjungi tempat ini?

5. Mencicipin makan malam segar dan lezat di Miyajima

Miyajima diberkati lingkungan laut yang bersih, sehingga para nelayan menanggap makanan laut segar dan bergizi, kaya rasa dan sulit ditemukan di daerah lain. Setelah lelah mendaki untuk menikmati pemandangan dari puncak Gunung Misen, manjakn diri dengan makanan seafood sebelum kamu meninggalkan pulau.

Kerang besar dan segar dan belut laut yang sangat lembut adalah hidangan yang digemari di Miyajima dan patut kamu coba. Pasangkan makanan laut yang segar dan bergizi ini dengan sake Hiroshima yang dibuat dengan menggunakan air halus untuk dimasak menjadi minuman beralkohol. Rasanya akan lebih kaya dibandingkan sake daerah lainnya. Akhiri hari dengan makanan enak di restoran satu dari tiga restoran dengan pemandangan terbaik di Jepang.

Ueno (あなごめしうえの )

Alamat: 1-5-11 Miyajima-guchi, Hatsuka-ichi, Hiroshima Prefecture

Harga: mulai Rp136.000,00

Waktu buka: 10.00-19.00 (Lantai dua buka dari 11.00-15.00, Jumat - Selasa).

Akses: perjalanan singkat dari stasiun Miyajimaguchi di jalur JR Sanyo Line.

No. Telp: +81 829-56-0006

あなごめしうえの Ueno

Dikunjungi tempat ini?

Sehari di Hiroshima: tur dengan pemandangan canti dan budaya menarik

Apakah kamu menyukai pengalaman sehari di Hiroshima? Jadwal di atas hanyalah porsi kercil dari apa yang bisa ditawarkan kota warisan ini. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh untuk dibagikan pada orang-orang tercinta dari City of Peace. Lain kali ke Jepang, pastikan untuk memambah waktu, sehingga kamu bisa menikmati waktu lebih lama lagi!

Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Hiroshima
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.