Nikmati Rasa Manis dan Pedas: 10 Makanan Paling Enak Di Yogyakarta

Nikmati Rasa Manis dan Pedas: 10 Makanan Paling Enak Di Yogyakarta
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diterbitkan
| 2 menit membaca

Ada banyak alasan kenapa penggemar traveling memasukkan Yogyakarta ke dalam daftar tempat tujuan wisata di Indonesia. Salah satu alasan terbesar adalah citarasa kuliner di kota ini. Jangan kaget kalau kamu menemukan banyak hidangan dengan rasa manis di sini. Tetapi hidangan-hidangan pedas juga bisa kamu nikmati dan jangan sampai kamu lewatkan.

Berikut ini adalah daftar informatif makanan paling enak di Yogyakarta, termasuk yang wajib kamu coba:

1. Gudeg

Gudeg, Yogyakarta
Source: Photo by user siska maria eviline used under CC BY 2.0

Setelah pesawat mendarat di Yogyakarta, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari hidangan legendaris, Gudeg. Makanan fenomenal ini dibuat dari nangka muda yang direbus selama beberapa jam di dalam kuah santan, gula palem, dan bumbu-bumbu aromatis seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, kemiri, dan daun salam. Selain itu, daun jati juga ditambahkan ke dalamnya untuk membuat warna hidangan menjadi merah kecoklatan.

Gudeg Pawon

Alamat: Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta

Jam Buka: 10 malam sampai 12 malam

Dikunjungi tempat ini?

2. Mangut Lele


Mangut Lele adalah masakan lainnya yang harus kamu coba. Lele ini tidak seperti lele pada umumnya. Mangut Lele lebih harum dengan aroma asap. Ikan yang ditangkap dari kolam-kolam tradisional ini dibumbui dengan air perasan jeruk nipis, garam, ketumbar dan kemudian digoreng dalam minyak panas. Lalu, lele yang telah digoreng direndam dalam campuran bumbu seperti cabe, bawang putih, bawah merah, lengkuas, gula palem, santan, dan kemudian diasapi.

Mangut Lele Mbah Marto

Alamat: Sewon, Panggungharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 11 siang sampai 4 sore

Dikunjungi tempat ini?

3. Sate Klathak

A post shared by Kelik desta (@kelikdesta) on Jun 26, 2017 at 11:03pm PDT


Makan Sate Klathak sambil jalan-jalan keliling Jalan Malioboro adalah pengalaman yang fantastis. Sate kambing versi Yogyakarta ini ditampilkan dengan unik karena tusuknya terbuat dari roda sepeda bekas. Daging kambingnya dilumuri mentega, bawang putih halus, jahe, kecap manis, dan kemudian dipanggang di atas arang. Biasanya makanan ini disajikan dengan gulai kambing.

Sate Klatak Kambing Muda Pak Tong

Alamat: Jl. Wijilan No.14, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 10 pagi sampai 9 malam

Dikunjungi tempat ini?

4. Mie Lethek


Peribahasa “Jangan menilai buku dari sampulnya” cocok untuk Mie Lethek yang dalam Bahasa Indonesia berarti “Mie Kotor”. Meskipun penampilannya kurang menarik, hidangan yang umumnya dibuat dari tepung sagu ini rasanya enak. Hidangan ini biasanya dimasak di atas batok kelapa panas dan disajikan dengan ayam suwir dan telur rebus.

Mie Lethek Bantul Mbah Mendes

Alamat: Jl. Sarirejo, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 10 pagi sampai 10 malam

Website: Mie Lethek Bantul Mbah Mendes

Dikunjungi tempat ini?

Yogyakarta Tour Guide

Emir Yamin

Emir Yamin

When it comes to travel, the journey isn't just about reaching a destination; it's about the experiences you gather along the way. While big group tours might be the conventional choice, opting for a local guide can elevate your travel adventure to new heights. That's why I've decided to become a tour guide.During my tenure as the Chief of Media Relations, I had the opportunity to travel extens... Read more

Tours by Emir

Yogyakarta Tour Guide

toni kenpachi

Toni Kenpachi

Hello my name is Toni and I live in Jakarta- Indonesia, I've been working as a Tour Guide since 2008, I have licensed from Jakarta City Government Tourism Office, I choose to be a Tourist guide due to my background education because I graduated from Tourism Academy, I'll be glad to assist your trip in Indonesia especially in Jakarta and surrounding areas also if you would like to do overland t... Read more

Tours by Toni

Yogyakarta Tour Guide

Dori Januhari

Dori Januhari

I am a legal and licensed tourist guide from Indonesia. I have been guiding for 20 years. I live in Jakarta, Indonesia, but I have traveled to many places in the country. My guiding areas are Java, Bali, and Lombok Island. I obtained my license from the Indonesia Tourism Ministry. On days when there is no tour, I work as an English and German private teacher, teaching mathematics and science ph... Read more

Tours by Dori

5. Oseng-Oseng Mercon


Kamu suka makanan pedas? Jangan sampe kelewatan hidangan Oseng-Oseng Mercon ini. Rasanya sesuai namanya, mercon. Hidangan ini terdiri dari tumis kulit sapi, gajih, dan tulang rawan dengan banyak sambal. Ini adalah salah satu makanan favorit di kalangan pecinta makanan di Yogyakarta. Hidangan ini seringkali disajikan dengan nasi panas dan hidangan lain seperti lele atau ayam goreng.

Oseng-oseng Mercon Mbok Sum

Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan No.21, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 8 pagi sampai 4 sore

Dikunjungi tempat ini?

6. Bakmi Jawa


Bakmi Jawa disebut-sebut sebagai salah satu makanan terbaik di Indonesia karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis dan gurih. Dalam hidangan ini, mie telur ditumis dalam bumbu-bumbu khas Indonesia, seperti bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, cabai, dan kecap manis. Potongan sayuran segar seperti kubis dan daun bawang juga ditambahkan, selain ayam suwir dan telur goreng.

Warung Bakmi Ketandan

Alamat: Jl. Bhayangkara No.17, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 5:45 pagi sampai 12 malam

Website: Warung Bakmi Ketandan

Dikunjungi tempat ini?

7. Brongkos Jogja


Brongkos Jogja adalah pilihan tepat untuk pecinta makanan berkuah. Bahan utamanya termasuk tahu, kacang tolo, telur, potongan daging sapi, cabai, dan santan. Bahan-bahan ini direbus dengan bumbu-bumbu seperti sereh, daun salam, lengkuas, dan bumbu ulek bawang putih, bawang merah, ketumbar, keluwak, dan lengkuas. Dengan harga yang terjangkau, hidangan ini bisa ditemukan di Alun-Alun Kidul.

Warung Handayani

Alamat: JL Gading No. 2, Selatan Alun-Alun Kidul Keraton, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta

Jam Buka: 6:30 pagi sampai 4 sore

Dikunjungi tempat ini?

8. Angkringan


Angkringan menawarkan beragam makanan dan minuman tradisional di atas gerobak dan suasana nongkrong yang unik. Kamu bisa memilih macam-macam gorengan, sate, telur, nasi kucing, dan masih banyak lagi. Setiap hidangannya dijual dengan sangat murah.

Angkringan Gareng Petruk

Alamat: Jl. Margo Utomo No.30, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta

Jam Buka: 5:30 sore sampai 1 pagi

Dikunjungi tempat ini?

9. Entog Slenget


Nikmati sensasi pedas Entog Slenget. Hidangan daging ini berbahan utama bebek entog atau itik serati. Dagingnya yang dipotong kecil-kecil dimasak dengan bumbu rica-rica yang berbahan dasar cabai merah. Dagingnya empuk dan enak setelah melalui proses masak yang lama.

Entok Slenget Kang Tanir

Alamat: Jl. Pakem - Turi, Donokerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 4 sore sampai 9 malam

Dikunjungi tempat ini?

10. Ayam Goreng Mbah Cemplung


Tidak seperti ayam goreng biasanya yang kurang sehat, Ayam Goreng Mbah Cemplung cukup aman bagi kesehatan karena menggunakan ayam organik. Selain itu, hidangan ayam goreng ini ditemani lalapan sayuran segar dan mentah seperti kemangi dan timun yang bagus untuk saluran pencernaan. Kalau kamu suka pedas, tinggal tambah sambal.

Ayam Goreng Mbah Cemplung

Alamat: Sendang Semanggi, RT.05, Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul

Jam Buka: 8 pagi sampai 7 malam

Dikunjungi tempat ini?

Sedang mencari surga kuliner? Langsung saja ke Yogyakarta!

Yogyakarta bukan hanya pusatnya petualangan budaya tetapi di sini, kamu juga dapat menemukan hidangan-hidangan lezat saat berwisata kuliner. Mulai dari gudeg manis sampai ayam goreng tradisional, kota di tengah-tengah Pulau Jawa ini tidak boleh kamu lewatkan.

Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Yogyakarta
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.