10 Tempat Makan Di Johor Bahru: Nomor 4 Harus Dicoba!

10 Tempat Makan Di Johor Bahru: Nomor 4 Harus Dicoba!
Trip101 Editorial
Trip101 Editorial 
Diperbarui
| 4 menit membaca

Ini surganya wisata kuliner! Banyak pecinta makanan berbondong-bondong liburan ke Penang, Melaka, Ipoh, atau bahkan Kuala Lumpur. Dan Johor Bahru seringkali dikesampingkan. Padahal tempat ini menawarkan makanan-makanan asli dengan resep turun-menurun! Kalau kamu lebih suka nongkrong di kafe, kamu bisa baca artikel kami tentang kafe-kafe unik.

Kaya akan nostalgia citarasa, ayo telusuri daftar berisi 10 tempat makan di Johor Bahru yang harus kamu coba!

SARAPAN

1. Roti Canai Terbaik di Johor (Roti Tipis Paratha) di Roti Canai Bukit Cagar



Murah, enak, dan mengenyangkan, Roti Canai adalah menu utama sarapan orang Malaysia! Kamu bisa mencicipinya di restoran “Mamak” mana saja. Tetapi saat kamu sedang di Johor, mampir ke Bukit Cagar untuk menyantap versi yang paling enak. Tidak seperti tempat makan dengan rantai bisnis besar, adonan roti di sini dibuat dengan tangan setiap harinya langsung di tempat penjualan dan diolah sedemikian rupa sampai bentuk dan ketebalan yang diinginkan. Kemudian, adonan ini dipanaskan di atas penggorengan datar sampai berwarna cokelat keemasan dengan lapisan luar yang renyah tetapi tetap empuk di bagian dalam. Roti Canai paling enak dinikmati dengan Dhal. Kalau kamu suka pedas, tinggal minta ditambahkan sambal teri di tengahnya.

Roti Canai Bukit Cagar

Alamat: Jalan Tengku Azizah, Bukit Chagar, Jalan Jim Quee, 80300 Johor Bahru, Johor, Malaysia

Jam Buka: 6.30 – 11.00

Kontak: +60 127 998909

Dikunjungi tempat ini?

2. Sarapan Kopitiam asli Malaysia di Hua Mui Kopitiam



Buka sejak tahun 1948, Hua Mui Kopitiam dengan setia menyajikan sarapan ala Hainan bagi orang-orang Malaysia, termasuk makanan khasnya Ayam Cincang Hainan selama hampir 70 tahun! Saking tenarnya, cabang-cabang baru telah dibuka di Johor Bahru. Dengan sertifikasi halal, semua orang dapat mengunjungi warung kopi dua lantai yang didekorasi perabotan kuno ini. Nikmati sarapan Kopitiam asli Malaysia di sini: roti bakar arang dengan srikaya, mentega, dan telur rebus ditambah dengan segelas kopitiam yang kental dan harum!

Hua Mui Kopitiam

Alamat: 131, Jalan Trus, Bandar Johor Bahru, 80000 Johor Bahru, Johor, Malaysia

Jam Buka: 8.30 – 18.00

Kontak: +60 11 35058916

Dikunjungi tempat ini?

3. Semangkuk sup Kway Teow panas dan enak di Restoran Tua Thow



Tempat makan enak yang setia dengan bahan baku alami digemari orang-orang Malaysia. Terbukti dengan ramainya pengunjung Restoran Tua Thow yang berbondong untuk membeli semangkuk sup Kway Teow panas yang terkenal dengan melimpahnya bahan baku seperti udang, ikan, daging babi, bakso ikan, dan jeroan. Kuahnya terbuat dari rebusan tulang ikan dan babi tanpa MSG, menciptakan rasa yang ringan, manis alami, dan kaya akan citarasa. Inilah alasan mereka berbondong-bondong ke restoran ini selama bertahun-tahun!

Restoran Tua Thow

Alamat: Susur 4, Jalan Tun Abdul Razak, Johor Bahru, Johor, Malaysia

Jam Buka: 7.30 - 14.30

Dikunjungi tempat ini?

MAKAN SIANG

4. Bebek Rempah Panggang yang Bikin Kita Menjilati Tangan di Restoran Ya Wang



Tempat pertama dan tertua yang menjual bebek rempah panggang di Johor, restoran ini tidak boleh kamu lewatkan saat wisata kuliner di Malaysia. Tempat makan ini gampang dicari. Di Jalan Segget, tinggal cari gedung dengan bebek gemuk besar yang digantung di luar! Bagian luar bangunan ini memang terkesan usang, tetapi ruangan di dalamnya nyaman dan bersih. Kamu akan disambut oleh deretan bebek panggang berwarna cokelat karamel tua dipajang di etalase kaca yang bikin lapar mata! Pecinta kuliner datang ke sini untuk menyantap daging bebek lezat yang disiram saus rempah-rempah sehingga dagingnya kaya citarasa, kenyal, dan lembut. Kaya akan rasa rempah-rempah khasnya, hidangan ini dinikmati dengan sepiring nasi panas dan semangkuk sup bunga teratai.

Restoran Ya Wang

Alamat: 28, Jalan Segget, Bandar Johor Bahru, 80000 Johor Bahru, Johor, Malaysia

Jam Buka: 8.00 – 18.00

Kontak: +60 72248624

Dikunjungi tempat ini?

5. Makanan India Enak di Restoran "7 Spice" (7 Bumbu)



Terletak di Jalan Bertingkat Skudai, Restoran 7 Spice akan memanjakanmu dengan makanan India terbaik di Johor. Terkenal di kalangan penduduk lokal akan ruang makannya yang bersih dan luas, restoran ini menawarkan pengalaman nyaman menyantap berbagai kuliner India yang tersedia dalam menu. Penduduk lokal merekomendasikan hidangan nasi biryani domba, ayam mentega, roti naan mentega, dan ayam tandoori dengan saus mint. Pengunjung restoran tidak akan dibuat kecewa dengan layanan yang luar biasa dan makanan asli India yang lezat!

Restoran 7 Spice

Alamat: G-01, Block 5, Jalan Bertingkat Skudai, Danga Bay, 80200 Johor Bahru, Johor, Malaysia

Jam Buka: 11.00 – 23.00

Kontak: +60 72356969

Dikunjungi tempat ini?

6. Kari Kepala Ikan Terlezat di Restoran Kam Long



Hidangan yang satu ini memang tidak umum ditemukan di restoran ala barat. Jadi, pertimbangkan lagi saat berencana wisata kuliner dengan turis mancanegara. Tapi buat kita, tidak perlu ragu lagi untuk mencoba masakan kepala ikan yang merupakan bagian terenak dan paling cocok untuk dimasak dengan kuah kental. Disajikan dalam mangkuk tanah liat, hidangan kari ini dibuat dari kepala ikan kakap segar dan bermacam bumbu sehingga kuah karinya kaya akan citarasa terlezat! Ditambah dengan kulit tahu, okra, kacang panjang, dan kubis, hidangan ini sudah lengkap! Tapi, kamu juga bisa menyantapnya dengan nasi putih.

Restoran Kam Long

Alamat: 74, Jalan Wong Ah Fook, Bandar Johor Bahru, 80000 Johor Bahru, Johor, Malaysia

Jam Buka: 8.00 – 16.00

Kontak: +60 16 7528382

Dikunjungi tempat ini?

SAAT MINUM TEH

7. Kue Pisang Dibuat dengan Panggangan Kayu Bakar di Toko Roti Hiap Joo



Dibuat dari pisang matang yang manis alami, penduduk lokal berbondong ke Toko Roti Jiap Joo setiap harinya untuk membeli kue pisang yang dipanggang sampai keemasan dalam panggangan kayu bakar yang sudah berusia satu abad. Dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet atau zat kimia lainnya, rasa manis alami buah pisang kue ini dilengkapi dengan aroma asap panggangan kuno. Saking terkenalnya, kamu harus mengantri panjang di toko roti ini karena kuenya langsung terjual habis hanya beberapa saat setelah keluar dari panggangan!

Toko Roti Hiap Joo

Alamat: 13, Jalan Tan Hiok Nee, Bandar Johor Bahru, 80000 Johor Bahru, Johor, Malaysia

Jam Buka: 7.30 – 17.30

Kontak: +60 7 2231703

Dikunjungi tempat ini?

8. Kue Tradisional yang Dipanggang dengan Arang di Toko Roti Salahuddin



Beroperasi sejak tahun 1937, Toko Roti Salahuddin merupakan salah satu kisah sukses di Jalan Dhoby, bisnis keluarga turun-menurun! Menggunakan panggangan-panggangan tradisional yang dipanaskan dengan arang, toko ini menawarkan beragam kue klasik, mulai dari keik, roti tawar, kue kering, dan kue mangkok. Karena semuanya serba “kuno”, toko ini menjual makanannya dengan cara memajangnya dengan cantik di atas meja. Dengan resep turun-temurun, toko roti ini juga memajang foto-foto hitam-putih dan artikel-artikel dari jaman dulu sebagai bukti kesuksesan dan kenangan atas perjalanan bisnis tempat ini. Datang dan cicipi sejarah 80 tahun dalam bentuk panggangan roti!

Toko Roti Salahuddin

Alamat: 26, Jalan Dhoby, Bandar Johor Bahru, 80000 Johor Bahru, Johor, Malaysia18, Jalan Hang Jebat, 75200 Melaka, Malaysia

Jam Buka: 9.30 – 17.30

Kontak: +60 12 7668380

Dikunjungi tempat ini?

9. Gorengan Duren di Wah Cai



Terkenal dengan Gorengan Duriannya, pasangan om-tante ini dapat banyak penggemar selama bertahun-tahun. Cicipi gorengan renyah berwarna keemasan dengan isi daging durian yang lembut dan beraroma khas, pendapatmu tentang buah yang satu ini pasti langsung berubah! Antriannya memang cukup panjang, tetapi proses pelayanannya cepat. Coba juga makanan lainnya seperti kue Tionghoa “3-in-1” gorengnya yang dekaden, cempedak goreng, pisang goreng, dan pastel kari ayam kentang!

Wah Cai

Alamat: 86, Jalan Pahlawan 2, Taman Ungku Tun Aminah (TUTA), Skudai, 81300 Johor Baru

Jam Buka: 7.00 – 16.30

Dikunjungi tempat ini?

MINUMAN

10. Minuman Anggur Kelapa Lokal di "Toddy's Wine Shop"



Puaskan dahaga sejenak dengan segelas minuman anggur yang dibuat dari kelapa di toko kuno tahun 1920an di Jalan Sulaiman. Toddy, atau Tuak, adalah minuman beralkohol yang dibuat dari getah bunga kelapa. Rasanya manis dan sedikit asam dengan kandungan alkohol sekitar 2-10%, langsung nendang dari tegukan pertama! Kalahkan teriknya cuaca Malaysia dengan segelas Toddy yang dinikmati dengan es batu.

Toddy's Coconut Wine Shop

Alamat: Along Jalan Sulaiman, downtown Johor Bahru, Malaysia

Jam Buka: 10.00 – 16.00

Dikunjungi tempat ini?

Makanan Asli dan Klasik

malaysian delicious food
Source: Pexels

Sukses dan telah teruji, penduduk lokal Johor sangat setia dengan citarasa asli kulinernya, terkadang dengan sedikit sentuhan modern. Inilah alasan begitu banyaknya makanan lokal masih digemari selama berabad-abad di sini. Mengutamakan keaslian rasa, cara memasak tradisional, dan bahan baku segar yang alami, makanan-makanan ini akan terus digemari penduduk lokal dari generasi ke generasi. Kalau kamu berencana wisata kuliner di Malaysia, tempat makan di Johor Bahru dalam daftar ini bisa jadi awal mula petualanganmu!

Adakah tempat yang harus dilihat yang kami lewatkan? Beritahu kami tentang hal tersebut di bagian komentar atau tulis postingan di sini untuk membantu sesama pelancong!
Pengungkapan: Trip101 memilih daftar di artikel kami secara independen. Beberapa listingan di artikel ini berisi link afiliasi.

Sejarah


Dapatkan Trip101 di kotak masuk Anda

Berhenti berlangganan dalam satu klik. Lihat kebijakan Kebijakan Privasi informasi lebih lanjut tentang cara kami menggunakan data Anda

With an unquenchable thirst for excellence and a passion for globe-trotting, the Trip101 Editorial Team vows to serve up nothing but the finest content. They're here not just to assist in crafting...Read more

 Ingin berkontribusi sebagai Pakar Lokal?
Explore Johor Bahru
x
Sebarkan artikel menarik kami!
Back to top
Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat-tempat ini? Klik tombol ini untuk mengaktifkan fitur "Tambahkan Tip" kami dan bagikan pengalaman Anda.